Soal Latihan Mandiri Arsip Bisnis ASIP4314

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Arsip Bisnis ASIP4314 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Arsip Bisnis ASIP4314, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!



1. Alasan yang  melatari  mengapa setiap organisasi baik instansi pemerintah  meupun swasta pasti akan menciptakan record  adalah. . .
  
A. adanya Undang-undang No.7 tahun 1971 tentang Pokok-pokok Kearsipan 
B. setiap organisasi selalu berhubungan dengan kegiatan administrasi yang mencatat segala aktivitas untuk kepentingan organisasi sekarang atau masa datang 
C. organisasi sebagai kumpulan manusia yang saling berinteraksi dengan lingkungannya 
D. adanya kegiatan transaksi penjualan, baik jasa maupun barang yang harus dibukukan 

2. Data dari rekod bisnis yang sangat dibutuhkan oleh para analis kredit untuk pengambilan keputusan pemberian kredit kepada nasabah perusahaan adalah. . .
  
A. laporan keuangan perusahaan 
B. daftar gaji pegawai/karyawan 
C. laporan jumlah pengeluaran perusahaan 
D. data pendapatan perusahaan 

3. Dokumen yang dipergunakan secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, penyelenggaraan kehidupan berkebangsaan (bernegara) merupakan fungsi dari. . .
  
A. rekod bisnis 
B. rekod statis 
C. arsip dinamis 
D. arsip statis 

4. Program manajemen rekod  merupakan pengawasan berdasarkan kerangka model. . .
  
A. daur hidup 
B. siklus akuntansi 
C. tata kelola administrasi 
D. manajemen arsip 

5. Manajemen rekod bertanggung jawab dalam tahap penciptaan terhadap arsip. . .
  
A. dinamis  aktif, semi aktif dan inaktif 
B. yang datanya masih relevan dengan pekerjaan 
C. proaktif, dinamis dan reaktif 
D. yang berhubungan dengan regulasi, data keuangan dan SDM 

6. Yang dimaksud corporate record adalah. . .
  
A. arsip inaktif yang dimiliki perusahaan dalam bentuk catak maupun non cetak 
B. rekod yang dihasilkan dan disimpan untuk kepentingan operasional perusahaan 
C. informasi yang dihasilkan perusahaan untuk menjalankan perusahaan 
D. semua berkas yang berisi transaksi perusahaan meliputi keuangan dan kepegawaian 

7. Apabila pihak manajemen membutuhkan informasi mengenai jumlah persediaan produk jadi (finishing goods)  pada perusahaan manufaktur maka data tersebut bisa diperolehnya dari. . .
  
A. divisi perakitan 
B. bagian gudang 
C. ruang pabrik 
D. bengkel 

8. Bagi seorang dosen, kegiatan yang termasuk menjalankan fungsi pengabdian kepada masyarakat adalah. . .
  
A. memberikan konseling kepada mahasiswanya 
B. menguji skripsi maupun tesis mahasiswa 
C. membuat soal akhir semester (UAS) 
D. menjadi supervisor kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) 

9. Pasal 6, Undang-undang nomor 8 tahun 1997 mengenai dokumen perusahaan menjelaskan bahwa. . .
  
A. bukti pembukuan terdiri dari warkat-warkat yang digunakan sebagai dasar pembukuan yang mempengaruhi harta, utang dan modal 
B. dokumen keuangan terdiri atas catatan, bukti pembukuan dan data pendukung administrasi keuangan 
C. dokumen lainnya terdiri dari data atau setiap tulisan yang berisi keterangan yang memiliki nilai bagi perusahaan 
D. berkas-berkas administrasi keuangan yang bertalian dengan harta dan kewajiban perusahaan 

10. Dokumen penting yang  pada tahun-tahun ke depan akan diperhitungkan sebagai good will dan akan menentukan harga saham perusahaan adalah dokumen mengenai. . .
  
A. track record kinerja keuangan 
B. prestasi olahraga karyawan perusahaan 
C. jumlah dana yang dialokasikan untuk kegiatan sosial 
D. deskripsi bangunan kantor perusahaan yang mewah 

11. Menangkal adanya berita miring (negatif) yang dapat mengurangi citra perusahaan  merupakan tugas dari seorang. . .
  
A. supervisor 
B. chief division 
C. middle management 
D. public relation 

12. Dibanding konsep publicity, pengertian public relation lebih mengarah pada. . .
  
A. hubungan masyarakat 
B. membangun citra perusahaan 
C. memperkenalkan produk 
D. menawarkan jasa 

13. Rekod-rekod yang disimpan harus berdasarkan . . .
  
A. pengembangan jadwal retensi rekod 
B. susunan abjad 
C. nomor urut 
D. tata ruang yang tersedia       

14. Proses indexing dalam program pengelolaan rekod bisnis termasuk dalam kegiatan . . .   

A. klasifikasi 
B. likuidasi 
C. retensi 
D. merger

15. Kelembaban udara yang paling ideal untu k menyimpan rekod bisnis dalam bentuk foto berwarna adalah. . .
  
A. lebih besar dari 40 persen 
B. lebih besar dari 45 persen 
C. jauh lebih kecil dari 20 persen 
D. tidak lebih dari 40 persen 

16. Rekod bisnis yang disimpan dalam format foto tetapi tidak dibingkai dapat diletakkan dalam. . .
  
A. ruangan khusus 
B. almari yang besar 
C. lemari besi 
D. amplop transparan 

17. Penyebab utama kerusakan dan kemusnahan format rekod non kertas adalah. . .
  
A. kuman 
B. bakteri film 
C. kelembaban udara 
D. teknologi 

18. Keunggulan yang dimiliki media penyimpan rekod dalam bentuk microfilm adalah. . .
  
A. dapat mengakses data secara bersamaan 
B. bisa disimpan dalam ruangan yang panas 
C. tidak membutuhkan tenaga khusus 
D. memberi nilai prestise bagi penggunanya

19. Yang dimaksud dengan disk (harddisk atau floppy disk) adalah. . .
  
A. alat rekam yang terintegrasi dengan komputer 
B. satu potong sirkuler yang memiliki jaket magnetic 
C. sebuah alat yang bisa merekam data dalam jumlah banyak 
D. alat perekam data selain kertas dan   microfilm 

20. Menurut Schellen pelopor pendekatan tradisional, nilai guna primer diartikan sebagai. . .
  
A. keselarasan antara  unsur semantik dengan fungsi administrasi 
B. kepentingan dan penggunaan arsip bagi lembaga pencipta arsip 
C. kepentingan dan penggunaan arsip untuk kepentingan penelitian 
D. keselarasan tujuan antara pencipta dan pengguna arsip 

21. Rekod bisnis yang  memiliki nilai guna penelitian dan informasi bagi kepentingan pemerintah perlu. . .   

A. ditransfer ke Arsip Nasional Replubik Indonesia (ANRI) 
B. dipubilkasikan di lembar negara 
C. dipatenkan di HAKI 
D. disimpan di perpustakaan universitas 

22. Yang dimaksud dengan akuisisi rekod adalah proses untuk . . .
  
A. mengurangi jumlah arsip yang kadaluarsa 
B. menseleksi arsip menjadi kelompok inaktif dan aktif 
C. memperoleh arsip dari berbagai sumber 
D. menyimpan arsip dengan metode yang canggih  

23. Arsip yang sifatnya fasilitatif menurut Schellenberg kemungkinannya. . .   

A. memiliki jangka simpan yang panjang 
B. masuk ke dalam kategori arsip dinamis 
C. tidak memiliki jangka simpan yang lama 
D. tidak masuk kedalam kategori arsip dinamis

24. Jadwal retensi rekod arsip mencakup beberapa kategori, antara lain retensi waktu khusus, yang disimpan secara permanen dan rekod yang harus ditinjau ulang. Berkaitan dengan hal tersebut, berkas korespondensi subyek masuk dalam kategori. . .
  
A. retensi waktu khusus 
B. yang disimpan secara permanen 
C. rekod yang harus ditinjau ulang 
D. yang disimpan secara sporadis 

25. Secara teoritis, pengertian akses mengandung dua makna, yaitu dalam arti luas dan sempit. Dalam pengertian sempit akses diartikan sebagai. . .
  
A. pembuatan identifikasi dan penempatan arsip 
B. kewenangan hukum atau ijin untuk menggunakan arsip 
C. kegiatan layanan rujukan dengan menyediakan sarana temu kembali 
D. aspek dan syarat ketersediaan arsip

26.  Perlindungan privasi individu merupakan salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan ketika  membuat kebijakan akses. Contoh dari perlindungan privasi individu adalah. . .
  
A. tidak mencampuri urusan orang lain 
B. kebebasan melakukan kegiatan ekonomi 
C. tidak membocorkan nomor rekening seseorang 
D. bebas memilih kepercayaan masing-masing 

27. Dalam akses ke arsip petugas harus memiliki kode etik. Tukar menukar pengetahuan untuk memuaskan pengguna merupakan kode etik yang berhubungan dengan. . .
  
A. Organisasi lain 
B. Negara 
C. Pemerintah 
D. Pemilik 

28. Dalam pengelolaan ruang baca dikenal istilah daerah kerja. Yang dimaksud daerah kerja adalah. . .
  
A. ruang yang digunakan untuk memilah-milah dokumen 
B. area yang digunakan untuk memproses data 
C. ruang yang digunakan untuk melakukan penelusuran 
D. area yang ada di ruang baca yang digunakan untuk tenaga  arsiparis 

29. Fungsi finding aids yang diletakkan di ruang baca adalah sebagai. . .
  
A. sarana temu kembali arsip 
B. alat untuk mendapatkan informasi 
C. meminta bantuan jika terjadi kebakaran 
D. alat untuk mencari dokumen yang hilang 

30. Bila seseorang menghasilkan satu karya seni atau yang lainnya maka masa hak cipta hasil karya tersebut sampai. . .
  
A. 25 tahun 
B. 75 tahun 
C. 25 tahun setelah yang bersangkutan meninggal dunia 
D. 75 tahun setelah yang bersangkutan meninggal dunia 


Petunjuk Mengerjakan Butir Soal 31 - 45
Pilihlah :
A. Jika pernyataan 1 dan 2 benar
B. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
C. Jika pernyataan 2 dan 3 benar
D. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar

31. Jenis lembaga penghasil rekod bisnis dapat dikategorikan sebagai. . .

1). Badab Usaha Milik Negara (BUMN) 
2). PT. Pertamina 
3). Usaha sawasta (perorangan) 

32. Tidak tersedianya pos dana yang memadai bagi kegiatan supporting unit akan  menyulitkan para pengelola rekod bisnis. . .

1). Dalam mengembangkan sistem kearsipan 
2). Menggaji karyawan sesuai upah minimum regional 
3). Memelihara hardware maupun software rekod bisnis 

33. Arsip bisnis berikut yang masuk kategori rekod keuangan suatu perusahaan adalah. . .

1). neraca 
2). laporan perubahan  modal 
3). laporan laba rugi 

34. Tujuan akhir dari pengelolaan arsip bisnis dalam suatu entitas bisnis adalah. . .

1). efisiensi dan nilai ekonomis 
2). kemudahan mengakses data yang dibutuhkan secara akurat 
3). mendapatkan pengakuan dari lembaga sertifikasi 

35. Klasifikasi merupakan bagian dari proses pembentukan berkas dan penyediaan dasar untuk. . .

1). proses indexing 
2). pemberian judul (titling) 
3). proses lay outing 

36. Pemberian kode klasifikasi bisa menggunakan. . .

1). kode abjad 
2). numeric 
3). alfanumerik 

37. Pasal 6, KUHD tentang arsip keuangan perusahaan antara lain mengatur. . .

1). setiap tahun perusahaan harus memuat dan menandatangani laporan keuangan 
2). dokumen-dokumen keuangan (laporan keuangan) harus disimpan selama 30 tahun 
3). data pendukung keuangan lainnya harus disimpan selama 30 tahun 

38. Informasi yang dapat diperoleh dari verifikasi dokumen keuangan adalah. . .

1). mengetahui tingkat ketaatan melaksanakan sisdur atau ketetapan yang berlaku 
2). ketertiban pengadministrasian atas dokumen-dokumen keuangan 
3). mengungkap manipulasi yang dilakukan pimpinan proyek 

39. Beberapa contoh berikut yang termasuk klasifikasi rekod produksi adalah dokumen-dokumen yang berkaitan dengan. . .

1). lokasi pabrik 
2). lay out mesin 
3). alur distribusi 

40. Beberapa factor yang menjadi penyebab format kertas tidak tahan lama dan dalam jangka panjang warnanya akan berubah menjadi kekuningan adalah. . .

1). dibuat dari bahan tumbuhan 
2). memiliki tingkat keasaman yang tinggi 
3). ada campuran bahan kimiawi 

41. Beberapa kendala yang akan dihadapai perusahaan jika dokumen atau rekod bisnisnya disimpan dalam format rekod kertas adalah. . .

1). membutuhkan banyak almari untuk menyimpan berkas 
2). memerlukan petugas khusus untuk  menangani arsip 
3). menambah tenaga top manajer untuk  mengelola arsip 

42. Pernyatan berikut yang termasuk prosedur penilaian adalah . . .

1). membuat kelas disposal 
2). melengkapi dokumentasi appraisal 
3). laporan untuk review 

43. Faktor-faktor lain yang dapat atau mungkin perlu diperhatikan dalam menentukan nilai guna arsip adalah. . .

1). duplication 
2). cost of retention 
3). reliability and completeness 

44. Jadwal retensi rekod  dapat memberi imbas positif bagi organisasi, antara lain bagi. . .

1). perencanaan ruangan 
2). alur kerja 
3). pemakaian property secara efektif 

45. Dalam pengelolaan ruang baca diperlukan administrasi yang meliputi tata tertib ruang baca. Tata tertib ruang baca biasanya meliputi. . .

1). jam buka pelayanan peminjaman dokumen 
2). pengumuman tentang hari libur 
3). dokumen yang boleh dipinjam dan lamanya peminjaman 




Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Arsip Bisnis ASIP431


Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka



Artikel Terkait

Previous
Next Post »