Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Manajemen Kinerja EKMA4263 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Manajemen Kinerja EKMA4263, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah
C. Jawaban Anda salah
D. Jawaban Anda salah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Jawaban Anda salah karena keuntungan adalah sumbangan dari pelanggan
B. Jawaban Anda salah karena perencanaan di masa depan adalah sumbangan dari pihak perantara
C. Jawaban Anda salah karena fleksibilitas adalah sumbangan dari karyawan
D. Jawaban Anda benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Jawaban anda benar
B. Jawaban Anda salah
C. Jawaban Anda salah
D. Jawaban Anda salah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Jawaban Anda salah karena memotivasi diri meningkatkan kinerja merupakan manfaat manajemen kinerja bagi individu
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah karena menemukan bahwa bos sudah sejak lama tidak puas akan hasil kerja seorang karyawan merupakan manfaat manajemen kinerja bagi para karyawan
D. Jawaban Anda salah karena memberikan suatu sarana yang amat berguna bagi komunikasi ke atas dan ke samping, merupakan manfaat manajemen kinerja bagi organisasi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Jawaban Anda salah karena meningkatkan keberhasilan, semangat, dan produktivitas perusahaan, merupakan manfaat manajemen kinerja untuk manajer
B. Jawaban Anda salah, karena mengkomunikasikan nilai-nilai baru merupakan manfaat manajemen kinerja untuk manajer
C. Jawaban Anda benar
D. Jawaban Anda salah, karena pembinaan karyawan merupakan manfaat manajemen kinerja bagi manajer
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah, karena mengubah budaya merupakan kekebihan dari sistem manajemen kinerja
C. Jawaban Anda salah, karena memotivasi karyawan merupakan kekebihan dari sistem manajemen kinerja
D. Jawaban Anda salah, karena meningkatkan keefektifan organisasi merupakan kekebihan dari sistem manajemen kinerja
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Jawaban Anda salah karena mudah dimengerti merupakan dasar system menurut Wibisosno
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah, karena berorientasi jangka panjang merupakan dasar sistem menurut Wibisono
D. Jawaban Anda salah karena kriteria kinerja kuantitatif lebih disukai daripada kualitatif merupakan dasar sistem menurut Globerson
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah, karena kriteria kinerja kuantitatif lebih disukai daripada kualitatif merupakan sistem manajemen kinerja menurut Globerson
C. Jawaban Anda salah, karena kriteria kinerja yang akan diukur dalam setiap level organisasi berasal dari tujuan perusahaan merupakan dasar sistem manajemen menurut Globerson
D. Jawaban Anda salah, karena variabel-variabel diukur secara nonfinansial merupakan dasar sistem manajemen kinerja menurut Maskell
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah karena uji nilai tambah merupakan salah satu tes untuk menilai apakah strateji sebuah organisasi/perusahaan bagus atau tidak dari aspek penerapannya
C. Jawaban Anda salah karena uji konsistensi merupakan salah satu tes untuk menilai apakah strateji sebuah organisasi/perusahaan bagus atau tidak dari aspek penerapannya
D. Jawaban Anda salah karena uji keunggulan kompetitif merupakan salah satu tes untuk menilai apakah strateji sebuah organisasi/perusahaan bagus atau tidak dari aspek penerapannya
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Jawaban Anda salah karena Jawaban Anda salah karena uji nilai tambah merupakan salah satu tes untuk menilai apakah strateji sebuah organisasi/perusahaan bagus atau tidak dari aspek penerapannya
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah karena uji konsistensi merupakan salah satu tes untuk menilai apakah strateji sebuah organisasi/perusahaan bagus atau tidak dari aspek penerapannya
D. Jawaban Anda salah karena uji keunggulan kompetitif merupakan salah satu tes untuk menilai apakah strateji sebuah organisasi/perusahaan bagus atau tidak dari aspek penerapannya
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Jawaban Anda salah, karena Fleksibilitas tinggi merupakan keunggulan dari wawancara langsung
B. Jawaban Anda salah karena tingkat respons tinggi merupakan keunggulan dari wawancara langsung
C. Jawaban Anda salah karena distribusi sampel merupakan keunggulan dari wawancara langsung
D. Jawaban Anda benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Jawaban Anda salah karena wawancara biasanya dalam waktu singkat merupakan kelemahan dari survei melalui telepon
B. Jawaban Anda salah karena pertanyaan harus singkat merupakan kelemahan dari survei melalui telepon
C. Jawaban Anda benar
D. Jawaban Anda salah karena tingkat respon rendah merupakan kelemahan survei melalui pos
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah karena mahal merupakan kelemahan dari wawancara langsung
C. Jawaban Anda salah karena Tidak dapat mengendalikan pertanyaan merupakan kelemahan dari survei melalui pos
D. Jawaban Anda salah karena Pembuktian yang eksentif sulit dilakukan merupakan kelemahan dari survei melalui pos
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Jawaban Anda salah karena fleksibilitas tinggi merupakan keunggulan dari wawancara langsung
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah karena pertanyaan yang sensitif dapat diajukan merupakan keunggulan dari survei melalui pos
D. Jawaban Anda salah karena tidak dapat mendeteksi bias responden merupakan kelemahan dari survei melalui pos
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Jawaban Anda salah karena Cost-Benefit/Cost Effectiveness Studiesmerupakan beberapa kumpulan data yang dapat dipercaya
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah karena File Review merupakan Pengkajian ulang terhadap data yang telah dikumpulkan dapat memberikan informasi yang diperlukan
D. Jawaban Anda salah karena Focus Group merupakan sebuah kelompok kecil yang dibentuk untuk mengumpulkan informasi yang medalam secara tepat dan umumnya melibatkan pihak ketiga.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah karena current assets/current liabilities adalah formula dari Current ratio
C. Jawaban Anda salah karena (current assets – current liabilities)/ total assets adalah formula dari Networking capital to total assets
D. Jawaban Anda salah karena (cash + short-term securities)/current liabilities adalah formula dari Cash ratio
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Jawaban Anda salah karena Sony merupakan inovasi produk dan leadership
B. Jawaban Anda salah karena IBM merupakan solusi yang lengkap untuk pelanggan
C. Jawaban Anda salah karena Microsoftmerupakan value propositionyang menciptakan switching cost yang tinggi
D. Jawaban Anda benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah karena pemilihan pelanggan merupakan proses dari manajemen pelanggan
C. Jawaban Anda salah karena Akuisisi pelanggan merupakan proses dari manajemen pelanggan
D. Jawaban Anda salah karena mempertahankan pelanggan merupakan proses dari manajemen pelanggan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah karena Cross-sale customers adalah tujuan dari proses pertumbuhan pelanggan
C. Jawaban Anda salah karena Soluting selling adalah tujuan dari proses pertumbuhan pelanggan
D. Jawaban Anda salah karena partner dengan pelanggan adalah tujuan dari proses pertumbuhan pelanggan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Jawaban Anda salah karena Kinerja proses pembelajaran merupakan indikator kunci kinerja pada bidang usaha Lembaga pendidikan
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah karena Survei perusahaan merupakan indikator kunci kinerja pada bidang usaha Lembaga pendidikan
D. Jawaban Anda salah karena Kepuasan perusahaan pemakai merupakan indikator kunci kinerja pada bidang usaha Lembaga pendidikan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Jawaban Anda salah karena kepuaasan pelangan adalah salah satu variabel kinerja yang berkaitan dengan pelanggan
B. Jawaban Anda salah karena memperoleh pelanggan baru adalah salah satu variabel kinerja yang berkaitan dengan pelanggan
C. Jawaban Anda salah karena pangsa bisnis adalah salah satu variabel kinerja yang berkaitan dengan pelanggan
D. Jawaban Anda benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah karena keterampilan yang harus dimiliki oleh pemegang jabatan tersebut untuk dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik adalah definisi dari keahlian
C. Jawaban Anda salah karena satu set perilaku atau sikap karyawan pemegang jabatan tersebut yang menghasilkan performa kerja terbaik merupakan definisi dari nilai-nilai
D. Jawaban Anda salah karena pengetahuan dibidang SCM yang telah diakui merupakan profil kompetensi masing-masing jabatan strategis
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah, karena analisis terhadap dampak lingkungan merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan teknologi
C. Jawaban Anda salah karena analisis ergonomi merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan teknologi
D. Jawaban Anda salah karena kemudahan mendapatkan suku cadang merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan teknologi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Jawaban Anda salah karena Menciptakan lingkungan yang dapat membuka kesempatan baru dan mendorong perkembangan perusahaan merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pimpinan dalam pengembangan modal manusia
B. Jawaban Anda salah karena Mampu untuk menciptakan llngkungan pembelajaran merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pimpinan dalam pengembangan modal manusia
C. Jawaban Anda benar
D. Jawaban Anda salah karena mempersiapkan model simulasi untuk peningkatan kinerja pegawainya merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pimpinan dalam pengembangan modal manusia
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah karena Pemimpin harus mampu menjelaskan misi, strategi, dan nilai dan perusahaan merupakan salah satu karakteristik penting dalam penerapan strategi
C. Jawaban Anda salah karena Dapat rnemotori kerja sama tim merupakan salah satu karakteristik penting dalam penerapan strategi
D. Jawaban Anda salah karena mampu mempertanggungjawabkan dan mengaitkan strategi perusahaan dengan kinerja pegawai. merupakan salah satu karakteristik penting dalam penerapan strategi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Jawaban Anda salah karena proses pengembangan merupakan salah satu pendekatan dalam menentukan aturan kepemimpinan
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah karena model kepemimpinan kompetensi merupakan salah satu pendekatan dalam menentukan aturan kepemimpinan
D. Jawaban Anda salah karena mengembangkan modal manusia merupakan salah satu aspek dalam pengembangan kepemimpinan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban anda salah karena Penilai harus mempunyai pengetahuan yang memadai tentang psikolog karena yang dinlai adalah sifat-sifat (traits) kepribadian merupakan kerugian metode GRS
C. Jawaban anda salah, karena Banyak karakteristik yang dinlaia bias budaya Indonesia merupakan kerugian dari metode GRS
D. Jawaban anda salah , karena Subjektivitas dalam penilaian tetap kuat dan tidak dapat dihilangkan sepenuhnya merupakan kerugian dari metode GRS
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Jawaban anda salah karena Kemungkinan terjadinya subyektivitas dan "KKN" dalam penilaian juga masih cukup besar merupakan kelemahan dari metode Proper-man
B. Jawaban anda salah karena Metode ini cukup sulit membuatnya dan harus disiapkan oIeh sejumlah tenaga spesialis yang bekerja penuh waktu, merupakan kelemahan dari metode Proper-man
C. Jawaban anda benar
D. Jawaban Anda salah karena penilaian seorang bawahan oleh atasannya juga dikomentari oleh atasannya dan juga orang-orang lain, merupakan upaya untuk mengatasi kendala pelaksanaan metode properman
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah karena mengarahkan para manajer, supervisor pada hasil-hasil yang harus dicapai merupakan kelebihan dari penggunaan MBS
C. Jawaban Anda salah karena memaksa semua orang dalam organisasi mengikatkan diri mereka secara moral pada usaha pencapaian tujuan yang spesifik merupakan kelebihan penggunaan MBS
D. Jawaban Anda salah karena mengarahkan cara berpikir mereka dalam kerangka kebutuhan-kebutuhan organisasi di masa depan dan menetapkan sasaran-sasaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut merupakan kelebihan dari penggunaan MBS
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Jawaban Anda salah karena sering dianggap sebagai resep untuk mengobati semua penyakit organisasi merupakan kelemahan dari penggunaan MBS
B. Jawaban Anda salah karena terlalu menekankan pada HASIL tanpa memperdulikan CARA mencapai hasil tersebut merupakan kelemahan dari penggunaan MBS
C. Jawaban Anda salah karena karena MBS agak bertentangan dengan sistem nilai budaya mayoritas bangsa Asia merupakan kelemahan dari penggunaan MBS
D. Jawaban Anda benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban anda salah karena dapat digunakan untuk proses penentuan kenaikan gaji, insentif dan promosi, merupakan pemberian reward dalam tujuan evaluasi manajemen kinerja
C. Jawaban anda salah karena dapat digunakan untuk memotivasi pegawai, mengembangkan inisiatif, rasa tanggungjawab sehingga mereka terdorong untuk meningkatkan kinerjanya merupakan motivasi dalam tujuan evaluasi manajemen kinerja
D. Jawaban anda salah karena dapat bermanfaat bagi pengembangan keahlian dan keterampilan serta perencanaan SDM merupakan perencanaan SDM dalam tujuan evaluasi manjemen kinerja
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Jawaban anda salah karena Meningkatkan prestasi kerja karyawan baik secara individu maupun kelompok, merupakan sistem yang perlu diciptakan untuk mendukung terlaksananya evaluasi manajemen kinerja
B. Jawaban Anda salah karena Meningkatkan produktivitas kerja sebagai konsekuensi meningkatnya prestasi kinerja individu dan kelompok, merupakan sistem yang perlu diciptakan untuk mendukung terlaksananya evaluasi manajemen kinerja
C. Jawaban Anda salah karena Merangsang minat dalam pengembangan pribadi dengan tujuan meningkatkan hasil karya dan prestasi pribadi serta potensi laten karyawan dengan cara memberikan umpan balik pada mereka tentang prestasi mereka, merupakan merupakan sistem yang perlu diciptakan untuk mendukung terlaksananya evaluasi manajemen kinerja
D. Jawaban Anda benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah
C. Jawaban Anda salah
D. Jawaban Anda salah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Jawaban Anda salah
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah
D. Jawaban Anda salah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Jawaban anda salah karena Motivasi berprestasi rendah merupakan salah satu indikator perilaku negatif atasan dan bawahan
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah karena Kelemahan dalam menganalisis masalah merupakan salah satu indikator perilaku negatif atasan dan bawahan
D. Jawaban Anda salah karena tidak tegas merupakan salah satu indikator perilaku negatif atasan dan bawahan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Jawaban Anda salah karena wawancara empat mata dengan para manajer untuk mengidentifikasikan pengalaman yang mereka temui dalam bidang manajemen kinerja merupakan cara melaksanakan monitoring sistem manajemen kinerja
B. Jawaban Anda salah karena mengkaji ulang peningkatan pada kinerja dari organisasi merupakan cara melaksanakan monitoring sistem manajemen kinerja
C. Jawaban Anda salah karena mencatat dan menganalisis penilaian kinerja merupakan cara melaksanakan monitoring sistem manajemen kinerja
D. Jawaban Anda benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban anda salah karena membantu mengintegrasikan sasaran organisasi, kelompok dan individu, terutama dalam mengkomunikasikan sasaran dan mengedepankan nilai-nilai organisasi merupakan sarana dalam komunikasi berkelanjutan antara atasan dengan bawahan dalam bentuk manajemen kinerja
C. Jawaban anda salah karena proses komunikasi yang berkelanjutan dan dilakukan dalam kemitraan antara atasan dengan bawahannya merupakan sarana dalam komunikasi berkelanjutan antara atasan dengan bawahan dalam bentuk manajemen kinerja
D. Jawaban anda salah karena untuk memberdayakan karyawan dengan memberikan kendali yang lebih besar atas pekerjaan mereka dan pengembangan diri pribadi mereka sendiri merupakan sarana dalam komunikasi berkelanjutan antara atasan dengan bawahan dalam bentuk manajemen kinerja
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Jawaban Anda salah karena kemungkinan responden asal mengisi saja merupakan kelemahan dari angket
B. Jawaban anda salah karena sukar mengolahnya merupakan kelemahan dari angket
C. Jawaban Anda benar
D. Jawaban anda salah karena nilai jawaban sering tidak sama merupakan kelemahan dari angket
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Jawaban Anda benar
B. Jawaban Anda salah karena responden tidak perlu menuliskan buah pikirannya merupakan keuntungan dari angket
C. Jawaban anda salah karena pengisian menggunakan waktu yang singkat merupakan keuntungan dari angket
D. Jawaban anda salah karena dapat menjaring responden yang relatif banyak merupakan keuntungan dari angket
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Jawaban Anda salah
B. Jawaban Anda benar
C. Jawaban Anda salah
D. Jawaban Anda salah
Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka
EmoticonEmoticon