Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Manajemen Kualitas EKMA4265

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Manajemen Kualitas EKMA4265

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Manajemen Kualitas EKMA4265 Universitas Terbuka yang berisi 45 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Manajemen Kualitas EKMA4265, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Jawaban Anda benar, menurut Ishikawa kualitas didefinisikan sebagai perbaikan kinerja dalam mengatasi permasalahan kualitas melalui metode cause and effeect diagram
B. Jawaban Anda salah, karena menurut Deming kualitas harus bertujuan memenuhi kebutuhan pelanggan sekarang dan di masa mendatang
C. Jawaban Anda salah, karena menurut Garvin kualitas berkenaan dengan beberapa pendekatan, yaitu product based, user based, manufacturing based dan value based
D. Jawaban Anda salah, karena menurut Elliot kualitas adalah sesuatu yang berbeda untuk orang yang berbeda dan tergantung pada waktu dan tempat, atau dikatakan sesuai dengan tujuan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Jawaban Anda salah, karena dimensi performance merupakan kesesuaian produk dengan fungsi utama produk itu sendiri atau karakteristik operasi dari suatu produk
B. Jawaban Anda salah, karena dimensi feature adalah ciri khas produk yang membedakan dari produk lain yang merupakan karakteristik pelengkap dan mampu menimbulkan kesan yang baik bagi pelanggan
C. Jawaban Anda benar, karena reliability yang menekankan pada daya tahan produk
D. Jawaban Anda salah, karena dimensi conformance yaitu kesesuaian produk dengan syarat atau ukuran tertentu atau sejauh mana karakteristik desain dan operasi memenuhi standar yang telah ditetapkan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Jawaban Anda benar, karena hal tersebut merupakan pengertian dari zero defect
B. Jawaban Anda salah, karena inspection merupakan kelompok kualitas yang utama. Selama produksi, para inspektor mengukur hasil produksi berdasarkan spesifikasi
C. Jawaban Anda salah, karena sistem produksi tarik (pull system) merupakan proses produksi yang memperhatikan pelanggan dan pelanggan yang akan menentukan berapa unit, spesifikasinya seperti apa dan kapan produk atau jasa tersebut dapat dibuat
D. Jawaban Anda salah, karena push system merupakan proses produksi yang dilaksanakan berdasarkan kemampuan perusahaan tanpa memperhatikan permintaan pelanggan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Jawaban Anda salah, karena Feigenbaum memperkenalkan konsep Total Quality Control Organizationwide pada tahun 1970 dan Total Quality System pada tahun 1983
B. Jawaban Anda salah, karena Frederick Taylor terkenal dengan teorinya time and motion studies
C. Jawaban Anda benar, karena Juran yang memperkenalkan tiga proses kualitas yaitu quality planning, quality control dan quality improvement
D. Jawaban Anda salah, karena Garvin membagi kualitas ke dalam empat jaman yaitu inspection quality era, statistical quality control era, quality assurance era dan strategic quality management era

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Jawaban Anda salah, karena standar kinerja perusahaan atau organisasi mempunyai orientasi kualitas yaitu tidak ada kesalahan (zero defect)
B. Jawaban Anda salah, karena standar efektivitas kualitas merupakan alat dan kriteria dimana pencapaian kualitas dapat diukur
C. Jawaban Anda benar, karena organisasi modern khususnya yang mengadopsi metode penilaian cost of quality perlu menggunakan metode Quality by objective. Metode Quality by objective menggunakan tiga patokan yaitu: 1. Manajer kualitas harus mempunyai komitmen untuk menentukan biaya sasaran kualitas. 2. Sasaran kualitas secara menyeluruh merupakan serangkaian sasaran dan pencapaian masing-masing bagian. 3. Masing-masing dan setiap orang dari manajer memegang fungsi kualitas harus mendukung pencapaian sasaran
D. Jawaban Anda salah, karena sistem pencapaian kualitas merupakan pendekatan rasional untuk mencegah cacat atau kesalahan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Jawaban Anda salah, karena perubahan budaya dari pengendalian ke pemberdayaan dilakukan dengan cara karyawan diserahi tanggung jawab yang sesuai serta mendapatkan kesempatan untuk berkembang dan mendapat penghargaan atas prestasi yang diraih
B. Jawaban Anda benar, karena proses produksi dilaksanakan berdasarkan kemampuan tanpa memperhatikan permintaan pelanggan kemudian berubah menjadi lebih fokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan merupakan perubahan budaya dari fokus internal ke fokus eksternal
C. Jawaban Anda salah, karena dalam TQM tidak ada istilah inspeksi melainkan pencegahan. Artinya sejak dari perancangan produk, proses produksi hingga menjadi produk akhir menghasilkan cacat atau kesalahan nol
D. Jawaban Anda salah, karena perubahan budaya dilakukan dari fokus internal ke fokus eksternal

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Jawaban Anda salah, karena perubahan budaya memerlukan perubahan mendasar dari para personil perusahaan
B. Jawaban Anda benar, karena perubahan budaya memerlukan perubahan mendasar dari para personil perusahaan
C. Jawaban Anda salah, karena perubahan budaya memerlukan perubahan mendasar dari para personil perusahaan
D. Jawaban Anda salah, karena perubahan budaya memerlukan perubahan mendasar dari para personil perusahaan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan perbedaan antara tradisional HRM dengan TQHRM dalam karakteristik isi
B. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan perbedaan antara tradisional HRM dengan TQHRM dalam karakteristik isi
C. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan perbedaan antara tradisional HRM dengan TQHRM dalam karakteristik isi
D. Jawaban Anda benar, karena perbedaan antara tradisional HRM dengan TQHRM dalam karakteristik proses adalah tradisional HRM, sentralisasi sedangkan TQHRM desentralisasi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Jawaban Anda benar, karena tujuan dari benchmarking adalah mempertahankan dan mengadakan peningkatan jangka panjang dari proses bisnis inti yang menyediakan keunggulan daya saing dengan melakukan perbaikan melalui perbandingan
B. Jawaban Anda salah, karena tujuan dari benchmarking adalah mempertahankan dan mengadakan peningkatan jangka panjang dari proses bisnis inti yang menyediakan keunggulan daya saing dengan melakukan perbaikan melalui perbandingan
C. Jawaban Anda salah, karena tujuan dari benchmarking adalah mempertahankan dan mengadakan peningkatan jangka panjang dari proses bisnis inti yang menyediakan keunggulan daya saing dengan melakukan perbaikan melalui perbandingan
D. Jawaban Anda salah, karena tujuan dari benchmarking adalah mempertahankan dan mengadakan peningkatan jangka panjang dari proses bisnis inti yang menyediakan keunggulan daya saing dengan melakukan perbaikan melalui perbandingan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Jawaban Anda salah, karena strategic quality planning digunakan untuk mencapai kesempurnaan dalam kualitas dan menjadi market leader
B. Jawaban Anda benar, karena hal tersebut merupakan konsep inti dalam Strategic Quality Management yaitu fact base management
C. Jawaban Anda salah, karena leadership adalah kepemimpinan pada seluruh level manajemen dalam organisasi
D. Jawaban Anda salah, karena continous improvement memberikan yang terbaru dalam produk dan jasa

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Jawaban Anda salah, karena produktivitas dinilai dengan mengalikan efisiensi, tingkat penggunaan, dan faktor kualitas
B. Jawaban Anda benar, karena produktivitas jenis I adalah produktivitas tenaga kerja yang khusus disediakan bagi pelayanan
C. Jawaban Anda salah, karena produktivitas jenis II merupakan bentuk yang lebih umum dalam pengukuran produktivitas yaitu dengan mentrasformasikan semua output dan input ke dalam pengukuran produktivitas
D. Jawaban Anda salah, karena hanya ada dua jenis produktivitas yaitu produktivitas jenis I dan produktivitas jenis II

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Jawaban Anda benar, karena jika JIT dan TQM digunakan dapat bersinergi
B. Jawaban Anda salah, mengingat terdapat konsep dan filosofi dari JIT dan TQM yang saling berhubungan
C. Jawaban Anda salah, karena jika JIT dan TQM digunakan dapat bersinergi
D. Jawaban Anda salah, karena penerapan JIT dan TQM secara bersama dimana JIT merupakan bagian integral dalam pelaksanaan TQM maka efektivitasnya paling tinggi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Jawaban Anda salah, karena setup times atau pengurangan waktu persiapan dilakukan dengan cara mengadakan hubungan yang dekat dengan sedikit pemasok
B. Jawaban Anda salah, lampu Andon digunakan perusahaan yang menganut filosofi JIT bila terjadi kesalahan selama dalam proses
C. Jawaban Anda benar, karena dalam sistem produksi, untuk dapat membantu pull production system maka digunakan Kanban card
D. Jawaban Anda salah, karena jidoka atau otonomasi dilakukan setelah lampu Andon menyala, kemudian proses produksi segera dihentikan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan istilah seiri
B. Jawaban Anda benar, karena hal tersebut merupakan istilah Seiton
C. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan istilah seiso
D. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan istilah shitsuke

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Jawaban Anda benar, karena persediaan obat merupakan bentuk usaha bisnis pelayanan yang bersifat intangibel
B. Jawaban Anda salah, karena kayu olahan bukan produk yang bersifat intangibel
C. Jawaban Anda salah, karena petambangan bukan produk yang bersifat intangibel
D. Jawaban Anda salah, karena hasil hutan bukan produk yang bersifat intangibel

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan elemen ketiga dalam upaya mengurangi pemborosan pada JIT
B. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan elemen kedua dalam upaya mengurangi pemborosan pada JIT
C. Jawaban Anda salah, karena bukan merupakan  upaya dalam mengurangi pemborosan pada JIT
D. Jawaban Anda benar, karena elemen pertama dalam upaya mencegah pemborosan pada JIT adalah tanggap terhadap orang-orang dalam sistem atau organisasi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan gap atau kesenjangan pertama dalam model kualitas pelayanan
B. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan gap atau kesenjangan ketiga dalam model kualitas pelayanan
C. Jawaban Anda benar, karena gap atau kesenjangan kedua dalam model kualitas pelayanan adalah kesalahan dalam standar kualitas
D. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan gap atau kesenjangan kelima dalam model kualitas pelayanan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Jawaban Anda salah, karena taktik penggabungan sistem MRP II dan sistem JIT menurut  Schneiderjans yaitu meningkatkan fleksibilitas dalam kebijakan pembelian dengan supplier
B. Jawaban Anda salah, karena taktik penggabungan sistem MRP II dan sistem JIT menurut  Schneiderjans yaitu meningkatkan fleksibilitas dalam kebijakan pembelian dengan supplier
C. Jawaban Anda salah, karena taktik penggabungan sistem MRP II dan sistem JIT menurut  Schneiderjans yaitu meningkatkan fleksibilitas dalam kebijakan pembelian dengan supplier
D. Jawaban Anda benar, karena hal tersebut merupakan taktik penggabungan sistem MRP II dan sistem JIT menurut Schneiderjans yaitu meningkatkan fleksibilitas dalam kebijakan pembelian dengan supplier

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Jawaban Anda salah, karena responsiveness yaitu keinginan atau kesiapan karyawan untuk memberikan pelayanan
B. Jawaban Anda salah, karena emphaty yaitu perhatian yang diberikan oleh pemberi jasa kepada penerima jasa
C. Jawaban Anda benar, karena kemampuan mewujudkan pelayanan yang dijanjikan secara akurat dan dapat dipercaya merupakan dimensi dari kualitas pelayanan yaitu reliability
D. Jawaban Anda salah, karena tangibles mencakup tersedianya bukti fisik dalam pelayanan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Jawaban Anda salah, karena definisi Learning organization menurut Pedler et al. adalah organisasi yang mendukung proses pembelajaran semua anggota dan terus menerus mengadakan perubahan
B. Jawaban Anda salah, karena definisi Learning organization menurut Pedler et al. adalah organisasi yang mendukung proses pembelajaran semua anggota dan terus menerus mengadakan perubahan
C. Jawaban Anda benar, karena hal tersebut merupakan definisi Learning organization menurut Pedler et al
D. Jawaban Anda salah, karena definisi Learning organization menurut Pedler et al. adalah organisasi yang mendukung proses pembelajaran semua anggota dan terus menerus mengadakan perubahan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Jawaban Anda benar, karena hasil yang dicapai dari organisasi belajar adalah perubahan perilaku secara nyata
B. Jawaban Anda salah, karena hasil yang dicapai dari organisasi belajar adalah perubahan perilaku secara nyata
C. Jawaban Anda salah, karena hasil yang dicapai dari organisasi belajar adalah perubahan perilaku secara nyata
D. Jawaban Anda salah, karena hasil yang dicapai dari organisasi belajar adalah perubahan perilaku secara nyata

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Jawaban Anda benar, karena konsep pembelajaran pragmatik untuk pembelajaran kelompok yaitu siklus pembelajaran kelompok
B. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan konsep pembelajaran pragmatik untuk pembelajaran individu
C. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan konsep pembelajaran humanistik untuk pembelajaran organisasi
D. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan konsep pembelajaran kognitif untuk pembelajaran organisasi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Jawaban Anda benar, karena model pembelajaran dengan mengubah perilaku jangka pendek berupa koreksi terhadap kesalahan yang dilakukan sistem pembelajaran adalah merupakan lingkar tunggal
B. Jawaban Anda salah, karena pembelajaran lingkar ganda merupakan pembelajaran jangka panjang dengan mengubah tata nilai atau budaya yang dianut
C. Jawaban Anda salah, karena model pembelajaran dengan mengubah perilaku jangka pendek berupa koreksi terhadap kesalahan yang dilakukan sistem pembelajaran adalah merupakan lingkar tunggal
D. Jawaban Anda salah, karena model pembelajaran dengan mengubah perilaku jangka pendek berupa koreksi terhadap kesalahan yang dilakukan sistem pembelajaran adalah merupakan lingkar tunggal

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Jawaban Anda salah, karena menghilangkan pemborosan dalam JIT akan menimbulkan peningkatan produktivitas perusahaan
B. Jawaban Anda salah, karena menghilangkan pemborosan dalam JIT akan menimbulkan peningkatan produktivitas perusahaan
C. Jawaban Anda benar, karena menghilangkan pemborosan dalam JIT akan menimbulkan meningkatnya produktivitas perusahaan
D. Jawaban Anda salah, karena menghilangkan pemborosan dalam JIT akan menimbulkan peningkatan produktivitas perusahaan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Jawaban Anda salah, karena pelanggan juga berperan sebagai input
B. Jawaban Anda salah, karena bukan merupakan peran pelanggan
C. Jawaban Anda salah, karena pelanggan juga berperan sebagai konsumen
D. Jawaban Anda benar, karena dalam industri jasa, pelanggan berperan sebagai konsumen sekaligus input

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Jawaban Anda salah, karena fungsi struktural yaitu menjembatani kesenjangan antara struktur yang telah ditetapkan dengan karakteristik pekerjaan yang dihadapi
B. Jawaban Anda benar, karena fungsi pemimpin dalam meyakinkan anggota organisasi untuk menjalankan tugasnya sebaik mungkin merupakan fungsi penegak kepatuhan
C. Jawaban Anda salah, karena fungsi pemberian penghargaan yaitu memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi
D. Jawaban Anda salah, karena fungsi pengembangan meliputi pemanfaatan perubahan lingkungan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Jawaban Anda salah, karena merupakan contoh menciptakan dorongan untuk mencapai tujuan dalam mewujudkan kepemimpinan kualitas
B. Jawaban Anda benar, karena hal tersebut merupakan contoh fokus pada pelanggan dalam mewujudkan kepemimpinan kualitas
C. Jawaban Anda salah, karena merupakan contoh menciptakan dorongan untuk mencapai tujuan dalam mewujudkan kepemimpinan kualitas
D. Jawaban Anda salah, karena merupakan contoh keterbukaan lini komunikasi dalam mewujudkan kepemimpinan kualitas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Jawaban Anda salah, karena ciri dari kepemimpinan transformasional adalah memotivasi pengikut untuk bekerja demi mencapai sasaran organisasi
B. Jawaban Anda salah, karena ciri dari kepemimpinan formal terlihat pada berbagai ketentuan yang mengatur hirarki dalam suatu organisasi
C. Jawaban Anda benar, karena berusaha memotivasi pengikut melalui pemberian imbalan merupakan salah satu ciri dari kepemimpinan transaksional
D. Jawaban Anda salah, karena ciri dari kepemimpinan informal terlihat pada pengakuan nyata dan penerimaan dalam praktek atas kepemimpinan seseorang

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Jawaban Anda salah, karena perilaku kharismatik mampu menghasilkan dorongan yang sangat besar, menghasilkan pengaruh, kekaguman dan kepercayaan terhadap pemimpin
B. Jawaban Anda salah, karena perilaku konsiderasi individual merupakan perilaku yang dimunculkan dalam pemberian khusus kepada pengikut yang kelihatannya diabaikan
C. Jawaban Anda salah, karena perilaku stimulus intelektual merupakan praktek-praktek kepemimpinan dimana secara intelek merangsang pengikut untuk selalu mempertanyakan kondisi yang berlaku saat ini
D. Jawaban Anda benar, karena perilaku kepemimpinan transformasional yang dapat merangsang antusiasme diantara para pengikutnya terhadap tugas-tugas kelompok merupakan perilaku inspirasi dan memotivasi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Jawaban Anda salah, karena perbedaan antara kelompok kerja dan tim kerja dalam hal sinergi yaitu kelompok kerja netral, sedangkan tim kerja positif
B. Jawaban Anda benar, karena menurut K.D Berlo, perbedaan antara kelompok kerja dan tim kerja dalam hal sinergi yaitu kelompok kerja netral, sedangkan tim kerja positif
C. Jawaban Anda salah, karena perbedaan antara kelompok kerja dan tim kerja dalam hal sinergi yaitu kelompok kerja netral, sedangkan tim kerja positif
D. Jawaban Anda salah, karena perbedaan antara kelompok kerja dan tim kerja dalam hal sinergi yaitu kelompok kerja netral, sedangkan tim kerja positif

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Jawaban Anda salah, karena merupakan tanggung jawab tim kerja
B. Jawaban Anda salah, karena merupakan tanggung jawab tim kualitas proses bisnis
C. Jawaban Anda salah, karena merupakan tanggung jawab tim pengelola secara mandiri
D. Jawaban Anda benar, karena peran tim proyek dalam mewujudkan manajemen kualitas adalah menyelesaikan masalah yang sifatnya lintas fungsi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Jawaban Anda benar, karena ciri dari karakteristik pimpinan TQM yang handal adalah mempunyai target
B. Jawaban Anda salah, karena ciri dari karakteristik pimpinan TQM yang handal adalah mempunyai target
C. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan hal yang harus mendapat perhatian dalam kerja tim
D. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan hal yang harus mendapat perhatian dalam kerja tim

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Jawaban Anda salah, karena continuous improvement merupakan prinsip TQL
B. Jawaban Anda benar, karena menunjukkan dukungan bagi individu atau kelompok dengan menggunakan konsep perbaikan kualitas secara terus menerus dan berkesinambungan merupakan elemen TQL yaitu kepemimpinan
C. Jawaban Anda salah, karena membangun tanggung jawab merupakan prinsip TQL
D. Jawaban Anda salah, karena komitmen terhadap pelatihan adalah membangun kesadaran untuk mengadakan perbaikan melalui pendidikan dan pelatihan bagi seluruh staf

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Jawaban Anda salah, karena kualitas produk tidak termasuk komponen dalam quality assurance
B. Jawaban Anda salah, karena kualitas profesional menunjukkan apakah prosedur dan standar profesional yang dipercaya untuk menghasilkan produk atau jasa yang diinginkan dapat tetap terpelihara dengan baik
C. Jawaban Anda benar, karena hal tersebut merupakan komponen dalam quality assurance yaitu kualitas pelanggan
D. Jawaban Anda salah, karena kualitas proses merupakan desain dan operasional dalam proses produksi atau pelayanan dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efisien

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Jawaban Anda benar, karena penjaminan kualitas dapat dicapai melalui pengembangan sistem kualitas
B. Jawaban Anda salah, karena melalui supervisi pengendalian kualitas dapat dicapai bukan penjaminan kualitas
C. Jawaban Anda salah, karena melalui inspeksi pengendalian kualitas dapat dicapai bukan penjaminan kualitas
D. Jawaban Anda salah, karena melalui pengendalian, pengendalian kualitas dapat dicapai bukan penjaminan kualitas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Jawaban Anda benar, karena perbedaan antara standarisasi dan diferensiasi adalah penjaminan kualitas bagi semua orang, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian orang
B. Jawaban Anda salah, karena perbedaan antara standarisasi dan diferensiasi adalah penjaminan kualitas bagi semua orang, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian orang
C. Jawaban Anda salah, karena perbedaan antara standarisasi dan diferensiasi adalah penjaminan kualitas bagi semua orang, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian orang
D. Jawaban Anda salah, karena perbedaan antara standarisasi dan diferensiasi adalah penjaminan kualitas bagi semua orang, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian orang

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Jawaban Anda salah, karena kriteria MNNQA tidak mencakup kinerja keuangan, kinerja keuangan tercakup dalam EQA
B. Jawaban Anda benar, karena persamaan antara MBNQA dan EQA dalam hal penilaian tertinggi pada kepuasan pelanggan
C. Jawaban Anda salah, karena MBNQA dan EQA bukan merupakan penghargaan bagi kesempurnaan produk atau jasa melainkan penghargaan bagi kesempurnaan manajemen
D. Jawaban Anda salah, karena MBNQA mencakup analisis data sedangkan EQA tidak mencakup analisis data

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Jawaban Anda benar, karena standar sistem manajemen lingkungan disebut ISO 14000. Pada dasarnya ISO 14000 merupakan standar pengelolaaan lingkungan yang sifatnya sukarela
B. Jawaban Anda salah, karena ISO 14001 berkaitan dengan petunjuk dan prinsip manajemen lingkungan yang dianut organisasi dengan penyusunan dan pengoperasian sistem manajemen lingkungan
C. Jawaban Anda salah, karena ISO 14002 berkaitan dengan petunjuk dan prinsip manajemen lingkungan yang dianut organisasi dengan penyusunan dan pengoperasian sistem manajemen lingkungan
D. Jawaban Anda salah, karena ISO 14000 meliputi dua kelompok yaitu 14001 dan 14002

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Jawaban Anda benar, karena standar manajemen kualitas dan penjaminan kualitas yang merupakan pemandu untuk pemilihan dan penggunaan standar adalah ISO 9000. Dalam implementasinya standar ISO 9000 lebih diarahkan kepada sistem untuk mengatur kualitas produk atau jasanya sendiri
B. Jawaban Anda salah, karena ISO 9001 merupakan model untuk penjaminan kualitas dalam perancangan/pengembangan, produksi, instalasi dan pelayanan jasa
C. Jawaban Anda salah, karena ISO 9002 merupakan model untuk penjaminan kualitas untuk produksi dan istalansi
D. Jawaban Anda salah, karena ISO 9003 merupakan model untuk penjaminan kualitas dalam inspeksi akhir dan pengujian

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Jawaban Anda salah, karena manfaat registrasi ISO dari aspek pelanggan, tidak melaksanakan pemeriksaan atau pengujian untuk mengetahui apakah perusahaan pemasok memenuhi syarat untuk penyediaan sumber daya
B. Jawaban Anda salah, karena manfaat registrasi ISO dari aspek memenuhi pesanan pelanggan, dapat dikatahui sebelum memulai pekerjaan sehingga dapat mengurangi konflik selama proses produksi
C. Jawaban Anda salah, karena manfaat registrasi ISO dari aspek calon pembeli, tanpa pengalaman atau pengetahuan utama tentang perusahaan yang dituju telah mendapatkan jaminan akan memperoleh produk yang berkualitas
D. Jawaban Anda benar, karena hal tersebut merupakan manfaat registrasi ISO dari aspek manajemen

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Jawaban Anda salah, karena membuat suatu standarisasi operasi yang ada maupun yang direncanakan merupakan manfaat dari diagram sebab akibat ( fishbone diagram)
B. Jawaban Anda benar, karena affinity diagram merupakan alat pengendalian kualitas untuk menyaring data yang berjumlah besar dan menciptakan pola pikir baru
C. Jawaban Anda salah, karena mencari penyebab utama suatu masalah merupakan manfaat dari diagram sebab akibat ( fishbone diagram)
D. Jawaban Anda salah, karena mencari penyebab minor yang merupakan bagian dari penyebab utama merupakan manfaat dari diagram sebab akibat ( fishbone diagram)

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Jawaban Anda salah, karena control chart adalah grafik yang digunakan untuk menentukan apakah suatu proses berada dalam keadaan in control atau out of control
B. Jawaban Anda salah, karena check sheet adalah alat yang digunakan untuk menghitung seberapa suatu kejadian terjadi dan sering digunakan dalam pengumpulan dan pencatatan data
C. Jawaban Anda benar, karena grafik yang menunjukkan variasi ukuran sepanjang waktu, kecenderungan, daur dan pola lain dalam suatu proses disebut run chart
D. Jawaban Anda salah, karena analisis matriks adalah alat yang berfungsi untuk membandingkan beberapa kelompok kategori seperti operator

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Jawaban Anda salah, karena Hoshin planning berkaitan dengan kebijakan manajemen yang merupakan satu kesatuan terintegrasi dalam organisasi yang memonitor lingkungan eksternal dan mengembangkan rencana proaktif untuk menyesuaikan dengan arah organisasi masa mendatang
B. Jawaban Anda salah, karena daily control merupakan komponen utama TQM dengan menggunakan alat bantu statistical process control dan parameter desain untuk memonitor pelaksanaan QFD berdasarkan pengendalian sehari-hari
C. Jawaban Anda salah, karena the house of quality menjelaskan apa saja yang menjadi kebutuhan dan harapan pelanggan dan bagaimana memenuhinya
D. Jawaban Anda benar, karena metode untuk membantu mengidentifikasi hubungan produk atau proses hasil indentifikasi kebutuhan pelanggan dengan teknik QFD disebut Taguchi’s robust design

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Jawaban Anda benar, karena alat manajemen yang digunakan untuk mengevaluasi, mengkonfirmasi atau memverifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kualitas disebut audit kualitas
B. Jawaban Anda salah, karena audit sistem meninjau strategi manajemen untuk memenuhi syarat pemilik perusahaan
C. Jawaban Anda salah, karena audit proses merupakan peninjauan secara mendalam terhadap proses dan kegiatan yang dibentuk khusus dalam prosedur dan instruksi kerja
D. Jawaban Anda salah, karena audit kebijakan dan program meninjau kebijakan, prosedur, dan instruksi operasi yang ditentukan dalam perencanaan operasi dan perencanaan strategik, indikator kegiatan dan kinerja

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan pengetahuan dan keterampilan khusus auditor sistem manajemen lingkungan
B. Jawaban Anda benar, karena auditor sistem manajemen mutu sebaiknya memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam bidang metode dan teknik yang terkait dengan mutu
C. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan pengetahuan dan keterampilan khusus auditor sistem manajemen lingkungan
D. Jawaban Anda salah, karena hal tersebut merupakan  pengetahuan dan keterampilan umum auditor sistem manajemen mutu dan lingkungan




Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »