Soal Latihan Mandiri Analisis Kasus Bisnis EKMA4478

Soal Latihan Mandiri Analisis Kasus Bisnis EKMA4478

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 30 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Jika diketahui jumlah penerimaan Rp 3.000.000,- dengan tingkat bunga 4% dan periode waktu 4 tahun. Hitunglah nilai future value!

A. Rp 2.509.700,-
B. Rp 3.509.700,-
C. Rp 4.509.700,-
D. Rp 5.509.700,-

2. Jika diketahui PT. XYZ memiliki operating income Rp 450 juta, penjualan netto Rp 9 milyar, dan net operating asset Rp 13,5 milyar. Hitunglah rentabilitas ekonomi perusahaan tersebut!

A. 1,333%
B. 2,333%
C. 3,333%
D. 4,333%

3. Tahun  Proyeksi Laba
1 40.000.000
2 40.000.000
3 40.000.000
4 40.000.000
5 40.000.000
Berdasarkan tabel di atas, jika diketahui investasi sebesar Rp 200 juta dan depresiasi Rp 20 juta per tahun. Hitunglah NPV-nya!

A. 47.272.200
B. 37.272.200
C. 27.272.200
D. 17.272.200

4. Strategi proses yang bersifat volume tinggi namun variasi proses rendah disebut strategi fokus ...

A. proses
B. berulang
C. produk
D. kombinasi

5. Penentuan lokasi dengan menghitung titik pusat lokasi distribusi yang dapat meminimalkan biaya melalui sistem koordinat disebut ...

A. Center of Gravity Method
B. Locational Break Event Analysis
C. The Factor Rating Method
D. Transportation

6. Kota Koordinat (X,Y) Beban Pengiriman

A (5, 10) 5
B (6, 8)  10
C (4, 9)  15
D (9, 5)  5
E (7, 9)  15
F (3, 2)  10
G (2, 6)  5
Tabel di atas memberikan koordinat peta dan beban pengiriman sejumlah kota yang akan dihubungkan melalui suatu "hub" terpusat. Di koordinat manakah hub seharusnya ditempatkan?

A. 5,15 dan 7,31
B. 7,31 dan 5,15
C. 5,51 dan 7,13
D. 7,13 dan 5,51

7. Economies of Scale terjadi ketika perusahaan beroperasi dengan output tinggi tetapi biaya rendah. Keadaan ini dapat terjadi dengan syarat ...

A. Biaya tetap disebar dalam unit yang kecil
B. Biaya operasi meningkat secara linier dengan tingkat output
C. Quantity discounts tidak berlaku dalam pembelian material
D. Efisiensi operasi meningkat seiring dengan pengalaman yang diiperoleh tenaga kerja

8. PT. Tiga Karsa Utama adalah sebuah perusahaan suku cadang kendaraan roda empat di Cikampek. Salah satu produknya, peredam kejut, memiliki permintaan tahunan 25.000 unit. Biaya pemesanan dan penyimpanan sebesar Rp 2.000.000,- dan Rp 50.000,- per unit. Tentukan jumlah optimal setiap pemesanan!

A. 1.414 unit
B. 2.414 unit
C. 3.414 unit
D. 4.414 unit

9. Berdasarkan soal no. 8, hitunglah jumlah pemesanan dalam satu tahun!

A. 17 kali pemesanan per tahun
B. 18 kali pemesanan per tahun
C. 19 kali pemesanan per tahun
D. 20 kali pemesanan per tahun

10. Berdasarkan soal no. 9, bila diketahui hari kerja 360 hari. Hitunglah waktu antar pemesanan!

A. 40 hari
B. 30 hari
C. 20 hari
D. 10 hari

11. Peramalan permintaan SDM dengan menggunakan level pekerjaan organisasi saat ini sebagai titik awal penentuan kebutuhan karyawan di masa mendatang disebut ...

A. Model Simulasi
B. Volume Penjualan
C. Pendekatan Bawah-Atas
D. Peramalan Basis Nol

12. Apabila ketersediaan tenaga kerja lebih besar daripada kebutuhan, maka perlu dilakukan tindakan ...

A. Pengangkatan karyawan baru
B. Penambahan jam kerja
C. Pensiun dini
D. Semua jawaban benar

13. Perekrutan tenaga kerja yang dilakukan dengan cara mengupah penyedia tenaga kerja eksternal untuk melakukan pekerjaan internal disebut ...

A. outsourcing
B. tenaga kerja temporer
C. Kerja lembur
D. leasing karyawan

14. Salah proses pelatihan dan pengembangan karyawan adalah tahap pelatihan yang terdiri dari ...

A. analisis kebutuhan tugas dan karyawan
B. merancang dan memilih prosedur pelatihan
C. mengukur hasil dan membandingkan kriteria hasil
D. pengembangan tujuan dan kriteria evaluasi pelatihan

15. Sebelum dilakukan rotasi pekerjaan, karyawan perlu mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan diluar bidang pekerjaan saat ini yang disebut pelatihan ...

A. keahlian/keterampilan
B. retraining
C. lintas fungsional
D. tim

16. Keberhasilan manajemen SDM tergantung pada kompetensi dan keterampilan khusus yang mengaitkan perusahaan dengan pasarnya dan cepat mengarahkan perilaku searah dengan tujuan disebut ...

A. kontribusi strategik
B. pengetahuan bisnis
C. kredibilitas personal
D. teknologi SDM

17. Salah satu jangkar karier yang menekankan pengembangan bakat teknis secara terus menerus disebut jangkar ...

A. kompetensi manajerial
B. kompetensi teknis/fungsional
C. kreativitas
D. otonomi

18. Salah satu perbedaan pemasaran massal dengan pemasaran segmentasi adalah ...

A. khalayak diperlakukan sama
B. pasar dianggap dinamis
C. strategi organisasi adaptif
D. responsif terhadap perubahan

19. Tingkat segmentasi pasar yang melayani kebutuhan spesifik pembeli disebut segmentasi tingkat ...

A. segmen
B. ceruk
C. lokal
D. individual

20. Segmentasi yang mengelompokkan calon konsumen berdasarkan gaya hidup dan kepribadian disebut segmentasi ...

A. geografis
B. generasi
C. psikografi
D. perilaku

21. Pemilihan segmentasi pasar dengan spesialisasi produk berarti ...

A. pemasar memilih beberapa segmen yang dianggap signifikan
B. pemasar berkonsentrasi pada produk tertentu untuk melayani beberapa segmen
C. pemasar berkonsentrasi melayani berbagai kebutuhan dari suatu kelompok pasar tertentu
D. pemasar melayani seluruh kelompok segmen dengan semua produk yang dibutuhkan

22. Strategi Sampoerna yang membuat beberapa jenis rokok sesuai dengan kebutuhan setiap segmen disebut ...

A. segmen tunggal
B. spesialisasi selektif
C. spesialisasi produk
D. spesialisasi pasar

23. Strategi positioning yang mengaitkan produk berdasarkan atribut atau karakteristik spesifik produk adalah positioning berdasarkan ...

A. ciri-ciri khusus
B. manfaat
C. kategori pemakai
D. disosiasi kelas produk

24. Pada saat positioning tidak tepat lagi, perlu dilakukan repositioning bila menghadapi keadaan berikut ...

A. selera konsumen tetap
B. produk pesaing diposisikan berdampingan dengan kita
C. ditemukan kelompok pasar baru yang potensial
D. terjadi kesalahan positioning sebelumnya

25. Salah satu hal yang dapat disimpulkan dari definisi diferensiasi menurut Kotler adalah ...

A. penetapan sekumpulan persamaan
B. perbedaan merupakan nilai penting bagi konsumen
C. perbedaan tigak mampu membedakan dengan produk pesaing
D. tidak ada yang benar

26. Produk yang merupakan sekumpulan atribut atau kondisi umum apabila konsumen membeli produk disebut produk ...

A. generik
B. diharapkan
C. diperluas
D. potensial

27. Agar diferensiasi berjalan dengan baik, perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu

A. mudah ditiru pesaing
B. tidak penting
C. dapat dikomunikasikan
D. tidak ada yang benar

28. Rokok Marlboro memberi citra lelaki jantan (macho). Sedangkan rokok A Mild menggambarkan perokok yang sadar kesehatan. Kedua citra rokok tersebut memberikan gambaran ...

A. atribut
B. manfaat
C. kepribadian
D. pasar sasaran/konsumen

29. Salah satu manfaat dari pemberian merek bagi produsen adalah ...

A. produk mudah dikenali
B. menurunkan citra perusahaan
C. memudahkan pemalsuan
D. mempersulit komunikasi pemasaran

30. Penawaran mobil yang terdiri dari beberapa varian berbeda merupakan penetapan harga bauran produksi strategi ...

A. product line pricing
B. optional feature pricing
C. captive product pricing
D. two part pricing



Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Analisis Kasus Bisnis EKMA4478


Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka


Artikel Terkait

Previous
Next Post »