Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Pemasaran Strategik EKMA4475 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pemasaran Strategik EKMA4475, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Jawaban anda salah, pemasaran strategis adalah sebuah proses pengembangan strategi yang didorong oleh pasar yang memperhitungkan sebuah lingkungan bisnis yang selalu berubah dan kebutuhan untuk menyampaikan nilai pelanggan yang superior
B. Jawaban anda salah, nilai pelanggan (customer value) adalah perbandingan antara manfaat-manfaat yang didapat dari sebuah produk dengan pengorbanan-pengorbanan yang harus dikeluarkan untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut
C. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari nilai pelanggan
D. Jawaban anda salah, migrasi nilai pelanggan merupakan proses perpindahan pembelian oleh para pelanggan menjauhi dari produk-produk yang dihasilkan oleh desain-desain bisnis yang sudah tertinggal zaman kepada produk-produk baru yang menawarkan nilai yang superior
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Jawaban anda salah, strategi stabilitas adalah sebuah strategi korporasi yang bercirikan tidak adanya perubahan yang berarti dalam hal-hal yang sedang dikerjakan oleh organisasi pada saat ini
B. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari strategi pembaharuan
C. Jawaban anda salah, strategi diferensiasi menjadikan faktor keunikan produk sebagai sumber keunggulan bersaing. Dengan strategi ini, perusahaan dapat mencapai sasaran dengan menawarkan produk yang berbeda dari produk pesaing
D. Jawaban anda salah, strategi fokus menjadikan skop pasar yang sempit sebagai sumber keunggulan bersaing. Dengan mempersempit segmen yang dilayani, dibanding pesaing, sebuah perusahaan lebih mampu memahami dan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang unik
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Jawaban anda salah, konsep produksi (production concept) berpendapat bahwa para konsumen akan menyukai produk-produk yang tersedia luas dan sangat terjangkau harganya
B. Jawaban anda salah, konsep produk (product concept) berpendapat bahwa para konsumen menyukai produk-produk yang menawarkan mutu, kinerja, serta fitur-fitur inovatif yang terbaik. Dengan kata lain, faktor utama yang menyokong keberhasilan pemasaran adalah kualitas produk
C. Jawaban anda salah, konsep penjualan (selling concept) berpendapat bahwa para konsumen tidak akan membeli produk-produk perusahaan dalam jumlah yang cukup jika tidak dilakukan upaya promosi dalam skala besar
D. Jawaban anda benar, merupakan definisi dari konsep pemasaran (marketing concept)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Jawaban anda benar, merupakan definisi dari Scientific Management Theory
B. Jawaban anda salah, General Administrative Theory membahas manajemen dari sudut pandang organisasi secara keseluruhan serta menggambarkan apa yang dikerjakan oleh para manajer dan apa yang merupakan praktek manajemen yang baik
C. Jawaban anda salah, Quantitative Approach to Management membahas mengenai penggunaan teknik-teknik kuantitatif, berupa penggunaan statistik, model-model optimalisasi, model-model informasi, dan simulasi-simulasi komputer, untuk memperbaiki pembuatan keputusan
D. Jawaban anda salah, Organizational Behavior membahas tindakan atau perilaku orang-orang dalam bekerja. Teori manajemen inilah yang mendasari manajemen sumber daya manusia, motivasi, kepemimpinan, kelompok kerja, kepercayaan (trust), dan manajemen konflik
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Jawaban anda salah, perkembangan hasil pencapaian penjualan per area termasuk analisis situasi faktor-faktor internal perusahaan
B. Jawaban anda benar, kebijakan fiskal dan moneter termasuk analisis situasi faktor-faktor eksternal perusahaan
C. Jawaban anda salah, perkembangan pangsa pasar termasuk analisis situasi faktor-faktor internal perusahaan
D. Jawaban anda salah, hasil pelaksanaan program-program bauran pemasaran termasuk analisis situasi faktor-faktor internal perusahaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Jawaban anda salah, analisis lingkungan internal memeriksa kinerja strategi pemasaran saat ini antara lain, volume penjualan, profitabilitas, pangsa pasar, dan ukuran-ukuran lain yang relevan
B. Jawaban anda benar, pelanggan dan pesaing termasuk dalam komponen analisis lingkungan makro
C. Jawaban anda salah, lingkungan mikro adalah pelaku-pelaku di luar perusahaan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan mencapai sasarannya
D. Jawaban anda salah, yang termasuk dalam komponen-komponen analisis lingkungan global antara lain, budaya, politik dan nilai tukar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Jawaban anda salah, segmentasi berdasarkan variabel-variabel demografi yakni, jenis kelamin, usia, pendapatan, pekerjaan, pendidikan dan etnisitas
B. Jawaban anda salah, segmentasi berdasarkan variabel-variabel geografi yakni, tempat tinggal, kota, pulau dan kepadatan penduduk
C. Jawaban anda salah, segmentasi berdasarkan variabel-variabel psikografi yakni, sikap, opini, minat, motivasi dan gaya hidup
D. Jawaban anda benar, segmentasi berdasarkan variabel-variabel karakteristik bisnis yakni, jenis usaha, skala usaha, pertumbuhan usaha dan lama berlangganan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Jawaban anda salah, konsentrasi industri yaitu jumlah dan ukuran perusahaan-perusahaan dalam industri merupakan komponen dari struktur industri
B. Jawaban anda salah, merupakan komponen dari struktur industri
C. Jawaban anda salah, merupakan komponen dari struktur industri. Differensiasi di antara produk-produk yang dihasilkan industri, merupakan Pengarahan pasar, yang pada dasarnya adalah formula strategi, menggambarkan perilaku perusahaan dalam membuat keputusan-keputusan, seperti pengembangan produk, penetapan harga, distribusi, dan promosi
D. Jawaban anda benar, kinerja pasar diindikasikan oleh kemampulabaan (profitability), efisiensi, dan keinovatifan (innovativeness)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Jawaban anda salah, Persaingan merek (brand competition), yaitu persaingan antara produk setipe dan sekelas, yang hanya dibedakan oleh merek. Misalnya, persaingan antara Honda City, Suzuki Baleno, dan Toyota Vios untuk kategori sedan mini
B. Jawaban anda benar, Persaingan industri (industry competition), yaitu persaingan antara produk tidak setipe atau tidak sekelas, tetapi masih dalam industri yang sama. Misalnya, persaingan antara Daihatsu Terios (low SUV) dengan Honda Jazz (mini MPV)
C. Jawaban anda salah, Persaingan manfaat (benefit competition). Ini terjadi antar produk dari industri berbeda tetapi memberikan manfaat yang sama. Contoh, kebutuhan transportasi Jakarta-Surabaya bisa dipenuhi oleh bus, kereta api, dan pesawat terbang. Oleh karena itu, untuk jalur tersebut, ketiga moda transportasi tersebut bersaing satu sama lain
D. Jawaban anda salah, Persaingan generik (generic competition), merupakan persaingan antar-produk yang memberikan manfaat yang sama sekali berbeda, tetapi memperebutkan uang konsumen yang sama. Misalnya, pada sebuah keluarga muda muncul pilihan apakah uang yang tersedia saat ini dipakai untuk membeli rumah ataukah membiayai kuliah lanjutan suami. Dalam konteks ini, rumah dan perguruan tinggi bersaing memperebutkan uang keluarga muda tersebut
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Jawaban anda salah, merupakan penjabaran dari definisi metode Time Series Analysis
B. Jawaban anda salah, merupakan penjabaran dari definisi metode Statistical Demand Analysis
C. Jawaban anda benar, adalah penjabaran dari Riset Pemasaran berdasarkan definisi American Marketing Association (AMA)
D. Jawaban anda salah, merupakan penjabaran dari definisi metode Statistical Demand Analysis
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Jawaban anda salah, merupakan penjabaran dari definisi Pemasaran massal (mass marketing)
B. Jawaban anda salah, merupakan penjabaran dari definisi kastemisasi pemasaran (costumized marketing), hal ini terjadi akibat ketatnya persaingan pasar
C. Jawaban anda salah, merupakan penjabaran dari definisi Pemasaran variasi produk (product variety marketing)
D. Jawaban anda benar, merupakan penjabaran dari definisi Pemasaran bersasaran (target marketing)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Jawaban anda benar, merupakan salah satu keuntungan yang diperoleh dari Undifferentiated Marketing Strategy
B. Jawaban anda salah, efektifitas bauran produk lebih tinggi merupakan keuntungan yang diperoleh dari Differentiated Marketing Strategy
C. Jawaban anda salah, perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan lebih baik merupakan keuntungan yang diperoleh dari Concentrated Marketing Strategy
D. Jawaban anda salah, dapat memenuhi spesifik setiap segmen sasaran merupakan keuntungan yang diperoleh dari Differentiated Marketing Strategy
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Jawaban anda benar, pencitraan yang ingin dibangun produsen didasarkan atas citra produk
B. Jawaban anda salah, pada citra harga sebagai ilustrasi, grand max dibuat sedikit di atas minimus tanpa hidung, yaitu Suzuki Carry, tetapi masih di bawah Suzuki APV dan Mitsubishi Maven, mobil semi-bonnet yang diposisikan sebagai mobil keluarga
C. Jawaban anda salah, pada citra tempat, berhubungan dengan lokasi penjualan, yakni melalui jaringan dealer resmi Daihatsu
D. Jawaban anda salah, pada citra promosi akan lebih ditekankan melalui aktifitas penjualan produk grand max, yang paling mencolok dari promosi adalah klaim kapasitas kabin yang luas, yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkut penumpang maupun barang
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Jawaban anda salah, merupakan penjabaran dari definisi Volume industry
B. Jawaban anda salah, merupakan penjabaran dari definisi Stalemated industry
C. Jawaban anda salah, merupakan penjabaran dari definisi Fragmented Industry
D. Jawaban anda benar, merupakan penjabaran dari definisi Specialized Industry
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Jawaban anda salah, diferensiasi produk utama didiferensiasi melalui fitur, permfornas, conformans, kemudahan memperbaiki, umur normal, reliabilitas, gaya dan desain
B. Jawaban anda salah, diferensiasi layanan tambahan adalah pelengkap bagi produk utama (barang) yang diberikan sebagai bagian dari penawaran (perjanjian) ataupun sebagai imbalan atas pembelian produk utama
C. Jawaban anda salah, perusahaan yang memproduksi barang menjadikan personil sebagai sumber diferensiasi. Contoh, rokok Djie Sam Soe diklaim sebagai hasil lintingan tangan-tangan yang terampil
D. Jawaban anda benar, ilustrasi diatas menunjukkan jenis diferensiasi saluran yang menekankan pada jalur distribusi, bisa dilakukan melalui cakupun, keahlian dan Performa
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Jawaban anda salah, Underpositioning menunjukkan kondisi konsumen tidak terkesan dengan produk. Mereka melihat produk sebagai produk biasa yang tidak memiliki kelebihan apa-apa
B. Jawaban anda benar, merupakan jebakan jenis Overpositioning
C. Jawaban anda salah, Confused positioning menunjukkan kondisi konsumen bingung mengenai produk. Karena klaim terlalu banyak atau karena positioning sering berubah-ubah
D. Jawaban anda salah, Doubtful positioning menunjukkan kondisi konsumen sulit mempercayai klaim perusahaan atas produk. Contoh, ada oli yang dipromosikan untuk mobil-mobil mewah. Kenyataannya, sangat jarang mobil-mobil mewah memakainya, karena pemiliknya tidak percaya atas klaim perusahaan oli tersebut
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Jawaban anda salah, merek tidak dapat sepenuhnya menjamin mutu maupun konsistensi produk
B. Jawaban anda salah, efesiensi pembelian tidak turut dipengaruhi oleh informasi maupun tempat pembelian produk
C. Jawaban anda salah, karena tidak semua produk memilki perlindungan (garansi) maupun keistimewaan
D. Jawaban anda benar, produk dapat memberi nilai emosional dan ekspresi diri bagi konsumen penggunanya
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Jawaban anda salah, strategi merek baru dilakukan dengan memberikan merek baru untuk kategori produk baru. Produsen Sosro sudah memiliki teh botol Sosro yang terkenal. Pada saat membuat kategori baru, yaitu teh rasa buah, perusahaan ini menggunakan merek baru Fruit Tea. Perusahaan ini tentu memiliki pertimbangan kenapa tidak menggunakan merek Sosro Rasa Buah
B. Jawaban anda benar, strategi perluasan lini ini dilakukan dengan menggunakan merek yang lama untuk kategori produk yang sudah ada
C. Jawaban anda salah, strategi perluasan merek (brand extension) menggunakan merek yang sudah ada untuk kategori produk baru. Yang pada akhirnya semua produk akan memiliki merek sama. Strategi ini diterapkan oleh PT. Maspion Indonesia dengan memberikan merek Maspion untuk semua kategori produknya, seperti kipas angin, ember plastik, kompor gas, dan lampu listrik
D. Jawaban anda salah, pada strategi multimerek. Apabila menggunakan strategi ini, perusahaan memberikan merek baru untuk kategori produk yang sudah ada. Hasilnya, sebuah perusahaan bisa memiliki berberapa merek sekaligus untuk kategori produk yang sama. Misalnya, Indofood menggunakan merek-merek Indomie, Supermie, Sarimie, Pop Mie, dan Top Mie, untuk kategori mie instan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Jawaban anda salah, memperpanjang ke hilir (downward stretching), yaitu menambahkan varian-varian lebih sederhana pada lini produk yang sudah ada. Oleh Nisan, tindakan ini dilakukan apabila menambahkan varian lebih sederhana dari Livina XR, dengan tetap memakai merek Livina ataupun membuat merek baru
B. Jawaban anda salah, memperpanjang ke hulu (upward stretching), yaitu menambahkan varian baru yang lebih tinggi dari varian paling tinggi yang telah ada. Apabila menambahkan varian baru di atas Serena High Starway, dengan tetap memakai merek Serena ataupun merek baru
C. Jawaban anda salah, memperpanjang ke hulu dan ke hilir sekaligus (two-way strectching). Dua langkah di atas dilakukan sekaligus yaitu dengan menambahkan varian terendah dan tertinggi sekaligus
D. Jawaban anda benar, Nissan melakukan perpanjangan lini produk dengan mengisi lini produk (product-line filling)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Jawaban anda salah, Convenience goods adalah barang-barang yang pembeliannya sering, perlu ada segera, dan usaha konsumen untuk membanding-bandingkan pilihan sebelum memutus-kan pembelian rendah. Biasanya, produk ini memiliki harga rendah dan ketersediaannya (market coverage) tinggi. Contohnya, air minum dalam kemasan, rokok, pasta gigi, sabun mandi
B. Jawaban anda salah, shopping goods adalah barang yang dalam pembeliannya, sebelum memutuskan pembelian, pembeli membandingkan-bandingkan satu pilihan dibanding pilihan lain, satu toko dibanding toko lain, dalam hal harga, kualitas, desain, dan gaya. Contohnya adalah kulkas, televisi, telepon seluler, jam tangan
C. Jawaban anda salah, Unsougth goods merupakan barang-barang yang belum dikenal atau pembeli sudah kenal tetapi tidak berpikir untuk membeli walaupun punya kemampuan dan kesempatan untuk membelinya. Contohnya adalah laser anti maling, pistol gas air mata
D. Jawaban anda benar, Specialty goods adalah barang yang memiliki karakteristik unik atau yang diasosiasikan dengan kelompok pembeli yang eksklusif, misalnya mobil Ferrari, jam tangan Rolex, pulpen Mount Blanck, ponsel Vertu, dan lain-lain. Biasanya, pembeli mau meluangkan waktu untuk mendatangi diler dan bersedia membeli secara inden. Harga tidak jadi masalah. Bagi pembeli, semakin sedikit pembeli lain yang memilikinya, semakin tinggi nilai barang
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Jawaban anda salah, pada Coperative pricing, terdapat kesepakatan resmi atau tidak resmi mengenai harga. Semua pemain menerapkan harga yang tidak jauh berbeda satu sama lain, sehingga tidak merusak pasar
B. Jawaban anda benar, merupakan penjabaran dari pengertian Adaptive pricing
C. Jawaban anda salah, pada Opportunistic pricing, pesaing mencari kesempatan memotong harga atau menunda kenaikan harga setelah pesaing menaikkan harga
D. Jawaban anda salah, pada Predatory pricing pesaing mencari kesempatan memotong harga atau menunda kenaikan harga setelah pesaing menaikkan harga. Dengan kata lain, terdapat usaha untuk menetapkan harga yang lebih rendah dari pesaing
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Jawaban anda salah, Value pricing yaitu penetapan harga yang dimaksudkan untuk memberi kesan bahwa konsumen memperoleh nilai dengan uang yang dibayarkan. Perlu diketahui bahwa nilai merupakan selisih antara manfaat (benefit) yang diperoleh dan harga yang dibayarkan. Agar memberi kesan memiliki nilai, harga harus terkesan rendah, tetapi dengan catatan produk terkesan berkualitas. Kalau harga dan produk sama-sama terkesan rendah, maka kesan nilai tidak diperoleh
B. Jawaban anda salah, Perceived Quality Pricing yaitu penetapan harga untuk menciptakan persepsi kualitas. Acuan utama bukan biaya produksi, melainkan persepsi pembeli yang menganggap bahwa harga yang mahal mencerminkan kualitas yang tinggi
C. Jawaban anda benar, merupakan definisi dari Odd-pricing
D. Jawaban anda salah, Mark-up pricing yaitu dengan menambahkan mark-up harga yang diinginkan pada penjualan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Jawaban anda salah, Cash-discount ini adalah penurunan harga kepada pembeli yang cepat membayar tagihan. Kode yang umum adalah “2/10, net 30”. Artinya, masa pembayaran tagihan adalah 30 hari. Tetapi kalau pembeli membayar dalam 10 hari atau kurang, maka perusahaan akan memberikan diskon 2 %
B. Jawaban anda benar, Quantity-discount ini adalah penurunan harga yang diberikan karena volume pembelian yang besar. Ini biasa terjadi antar-pedagang, bisa juga antara toko dengan konsumen. Malah, kadang-kadang, pembeli sendiri yang meminta potongan harga kalau tahu volume pembeliannya besar
C. Jawaban anda salah, Functional-discount ini merupakan pemotongan harga oleh penjual karena pembeli melakukan fungsi-fungsi tertentu, seperti pencatatan, penagihan maupun fungsi-fungsi lain. Konsekuensinya, pemotongan harga bisa berbeda kalau fungsi yang dilakukan pembeli berbeda
D. Jawaban anda salah, Seasonal Discount ini adalah potongan harga yang diberikan di luar musim. Misalnya, tempat rekreasi memberikan diskon untuk hari Senin sampai Jumat karena pada hari-hari tersebut pengunjung sepi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Jawaban anda benar, ilustrasinya, sebuah toko bisa menurunkan harga beras, tetapi produk lain tetap. Karena dalam masa krisis konsumen sensitif terhadap harga beras, maka dengan menurunkan harga sedikit saja, maka konsumen akan terpengaruh. Biasanya produsen tidak suka kalau produknya dijadikan sebagai penglaris oleh supermarket atau toko-toko
B. Jawaban anda salah, pada Special-event pricing, prakteknya adalah menurunkan harga untuk menyambut even-even tertentu. Sepatu Bata sering menurunkan harga untuk menyambut Lebaran.Tujuannya tentu adalah untuk menciptakan image yang baik, bahwa perusahaan peduli terhadap even-even yang bermakna khusus bagi masyarakat
C. Jawaban anda salah, pada Cash-rebate atau disebut juga cash-back. Dari pada menurunkan harga, ada juga perusahaan yang memberikan sejumlah uang untuk pembelian produknya. Untuk mendongkrak penjualannya, Isuzu Panther tahun 1996 membuat iklan: “Beli Panther tipe apa saja, maka Rp 1.000.000 langsung anda dapatkan”. Teknik ini dapat membantu produsen menurunkan persediaan tanpa menurunkan daftar harga (Price-list)
D. Jawaban anda salah, pada Longer payment terms, tujuannya adalah untuk menurunkan bayaran bulanan. Waktu pertama diluncurkan, Nissan Grand Livina menawarkan kredit sampai 5 tahun. Konsekuensinya tentu suku bunga lebih tinggi. Tetapi, yang menjadi faktor penarik adalah bayaran per bulan yang lebih rendah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Jawaban anda benar, ilustrasinya misalkan penetapan harga untuk tiket masuk museum, lebih murah untuk anak sekolah daripada kalangan umum
B. Jawaban anda salah, diskriminasi berdasarkan bentuk produk (product-form pricing) yakni, versi produk yang berbeda dikenakan harga berbeda, tetapi tidak mencerminkan perbedaan harga secara proporsional. Harga mineral Aqua ukuran gelas 220 ml adalah Rp 600. Sedangkan ukuran botol ukuran 600 ml adalah Rp 1500. Tentu, dengan harga demikian, harga air per ml kedua produk sudah berbeda
C. Jawaban anda salah, diskriminasi berdasarkan lokasi (location pricing), produk sama, tetapi tempat berbeda, harga berbeda. Misalnya, kalau menonton konser, beda tiket untuk VVIP (very very important person), VIP (very important person) dan kelas biasa. Di kapal laut juga demikian. Ada kelas ekonomi, Kelas III, Kelas II, Kelas I dan Kelas VIP
D. Jawaban anda salah, diskriminasi berdasarkan waktu (time pricing). Ini adalah penetapan harga berbeda untuk waktu yang berbeda. Misalnya, hotel menetapkan harga berbeda untuk weekend serta hari libur dan hari-hari biasa
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Jawaban anda salah, sender adalah pihak yang mengirimkan pesan pada pihak lain
B. Jawaban anda salah, receiver adalah pihak yang menerima pesan
C. Jawaban anda benar, merupakan penjabaran dari pengertian encoding
D. Jawaban anda salah, decoding merupakan proses yang dilakukan penerima untuk menerjemahkan simbol-simbol pesan yang dibuat pengirim
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Jawaban anda salah, presentasi publik merupakan sebuah pengesahan dan penyeragaman standar produk
B. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari pervasiveness
C. Jawaban anda salah, pesan dapat didramatisasi melalui warna, estetika, suara, dan gambar
D. Jawaban anda salah, impersonalitas aadalah situasi dimana audiens tidak memiliki kewajiban memperhatikan iklan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Jawaban anda salah, sirkulasi adalah jumlah unit secara spesifik yang membawa iklan
B. Jawaban anda salah, audiens adalah jumlah orang yang terekspos media
C. Jawaban anda salah, audiens efektif terekspos media adalah jumlah target audiens yang benar-benar menyaksikan iklan
D. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari audiens efektif
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari penjualan solusi
B. Jawaban anda salah, penjualan didasarkan pada harga dan produk adalahyang diperjualbelikan berupa komoditi, adalah pengertian dari Penjualan transaksional
C. Jawaban anda salah, dalam situasi penjualan, harga dan fitur sama-sama penting adalah pengertian dari Penjualan fitur/manfaat
D. Jawaban anda salah, situasi-situasi meliputi relasi serupa konsultan yang menggunakan pendekatan tim adalah pengertian dari Penjualan nilai-tambah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Jawaban anda salah, mendefinisikan permasalahan pada tahap Public Relation harus mampu mengenali gejala dan penyebabnya
B. Jawaban anda benar, merupakan tindakan pada tahap perencanaan dan program
C. Jawaban anda salah, aksi dan komunikasi menjawab pertanyaan bagaimana kita melakukan rencana serta program yang telah diputuskan dan mengkomunikasikannya
D. Jawaban anda salah, evaluasi program mengevaluasi langkah-langkah yang telah diambil
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Jawaban anda salah, skema pada saluran pemasaran untuk bisnis tingkat nol
B. Jawaban anda salah, skema pada saluran pemasaran untuk bisnis tingkat satu
C. Jawaban anda benar, skema pada saluran pemasaran untuk bisnis tingkat dua
D. Jawaban anda salah, skema pada saluran pemasaran untuk bisnis tingkat tiga
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Jawaban anda salah, sasaran utama strategi ini adalah memperoleh dan mempertahankan pangsa pasar produk baru sebesar-besarnya. Tugas utama pemasaran adalah memastikan adopsi produk baru sebanyak mungkin agar efisiensi biaya segera tercapai dan kelompok pelanggan yang loyal segera dibangun sebelum pesaing memasuki pasar
B. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari strategi penetrasi ceruk pasar (niche penetration)
C. Jawaban anda salah, strategi skimming dan keluar dari pasar dengan cepat (skimming and early witdrawal) ini mirip dengan strategi “hit and run” dalam dunia tinju. Pada awal peluncuran, pioner menetapkan harga tinggi inovasi. Harga tinggi ini dibutuhkan untuk mengambalikan biaya pengembangan sekaligus memberi keuntungan dalam waktu sesingkat mungkin
D. Jawaban anda salah, memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif termasuk dalam taktik strategi penetrasi pasar secara massal
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Jawaban anda salah, merupakan ilustrasi strategi distribusi intensif, distribusi yang menempatkan produk di mana-mana agar mudah ditemukan pembeli. Strategi ini umumnya digunakan untuk convenience goods, seperti pasta gigi, rokok, air minum dalam kemasan, sabun mandi, deterjen, dan lain-lain
B. Jawaban anda benar, merupakan ilustrasi strategi distribusi selektif, yaitu yang menempatkan produk pada tipe perantara tertentu yang dinilai memenuhi syarat
C. Jawaban anda salah, merupakan ilustrasi strategi distribusi eksklusif, yakni ada area pemasaran tertentu, misalnya Jakarta dan sekitarnya, produk ditempatkan secara eksklusif pada satu, dua, atau tiga tempat saja
D. Jawaban anda salah, merupakan ilustrasi strategi distribusi eksklusif, yakni ada area pemasaran tertentu, misalnya Jakarta dan sekitarnya, produk ditempatkan secara eksklusif pada satu, dua, atau tiga tempat saja
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Jawaban anda benar, perilaku konsumen terhadap produk menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Specialty product
B. Jawaban anda salah, Perilaku konsumen terhadap produk menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Shopping product
C. Jawaban anda salah, Perilaku konsumen terhadap produk menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Shopping product
D. Jawaban anda salah, Perilaku konsumen terhadap produk menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Convenience product
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Jawaban anda salah, kriteria ekonomi ini mempertimbangkan biaya dan penjualan
B. Jawaban anda benar, merupakan kriteria adaptif, yang mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran apabila terjadi suatu perubahan
C. Jawaban anda salah, kriteria pengendalian ini mempertimbangkan tingkat kemudahan pengendalian masing-masing saluran pemasaran
D. Jawaban anda salah, alternatif II dalam kriteria pengendalian terdapat dua perantara yang terlibat dalam penyaluran produk
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Jawaban anda salah, kerjasama mengombinasikan motivator positif dan negatif. Motivator positif adalah balas jasa (reward) atas keberhasilan anggota saluran mencapai atau melampaui target, seperti margin yang lebih tinggi, premi, iklan bersama, kontes penjualan, hadiah, kupon, dan lain-lain. Motivator negatif adalah sanksi yang dijatuhkan kalau anggota saluran tidak mencapai target atau melanggar persetujuan
B. Jawaban anda benar, merupakan cara memotivasi anggota saluran melalui kemitraan dimana, produsen menginginkan persetujuan anggota saluran atas keinginannya dan menawarkan suatu kompensasi sebagai imbalannya
C. Jawaban anda salah, pemrograman distribusi ini mengembangkan sistem pemasaran vertikal yang terencana dan dikelola secara professional, program ini mengkonsolidasi kebutuhan produsen dan distributor secara bersama-sama
D. Jawaban anda salah, evaluasi anggota saluran bukan cara memotivasi anggota saluran, diperlukan evaluasi anggota saluran berdasarkan: pencapaian kuota penjualan, waktu antara kepada pelanggan, rata-rata tingkat inventory, penanganan produk-produk yang rusak dan hilang, kerjasama dalam promosi dan pelatihan bersama, serta layanan yang diberikan anggota saluran yang ditujukan bagi kepada pelanggan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Jawaban anda salah, merupakan bagian dari tipe sistem pemasaran vertikal. Dalam sistem ini, anggota-anggota saluran, misalnya produsen, distributor, dan pengecer, berlaku sebagai satu kesatuan. Seluruh anggota saluran terlibat dalam kerjasama untuk mencapai sasaran bersama. Setiap anggota saluran bukan lagi perusahaan perusahaan terpisah yang mengejar sasaran sendiri
B. Jawaban anda salah, merupakan bagian dari tipe sistem pemasaran vertikal. Sistem ini sama saja dengan corporate system dalam hal integrasi pengelolaan produksi dan distribusi. Hanya saja anggota-anggota yang terlibat tidak berada dalam naungan korporasi yang sama, melainkan perusahaan-perusahaan berbeda yang terlibat berdasarkan kontrak
C. Jawaban anda salah, merupakan bagian dari tipe sistem pemasaran vertikal. Sistem ini mengintegrasikan produksi dan distribusi, namun setiap anggota dalam saluran bersifat independen. Keterlibatan anggota bersifat sukarela dengan dasar saling percaya
D. Jawaban anda benar, merupakan ilustrasi sistem pemasaran horisontal, dalam prakteknya, dua atau lebih perusahaan melakukan program bersama yang bersifat sementara atau permanen. Biasanya ada pembagian kerja untuk produksi, promosi, dan distribusi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Jawaban anda benar, menetapkan harga penetrasi, yaitu harga yang relatif rendah agar terjangkau konsumen
B. Jawaban anda salah, taktik ini digunakan untuk memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif bukan mengusahakan agar konsumen mampu membelinya
C. Jawaban anda salah, promosi penjualan intensif dengan meluncurkan iklan yang gencar melalui media yang luas, bertujuan untuk menghasilkan kesadaran produk pada pasar masal
D. Jawaban anda salah, uji coba produk gratis dan pemberian garansi yang memadai, bertujuan untuk mengurangi presepsi resiko produk
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Jawaban anda salah, pada strategi ini, pertahanan posisi dapat dibayangkan sebagai pertahanan benteng. Yang dilakukan dalam pertahanan demikian adalah memperkokoh benteng. Dalam pemasaran, yang dianggap sebagai benteng adalah pelanggan. Jadi, mempertahankan benteng adalah mempertahankan pelanggan saat ini, yang bertujuan membangun loyalitas konsumen terhadap produk pemimpin pasar
B. Jawaban anda salah, pada strategi pertahanan sisi, pesaing (penantang pasar) tidak menyerang posisi yang dikuasai oleh pemimpin pasar. Artinya, mereka tidak merebut konsumen yang dikuasai pemimpin pasar. Yang mereka lakukan adalah membuat produk berbeda dan diarahkan konsumen yang memiliki kebutuhan berbeda. Untuk menutup kemungkinan ini, pemimpin pasar mengeluarkan versi-versi baru produk
C. Jawaban anda benar, pada strategi konfrontasi, penantang menyerang langsung posisi yang dikuasai pemimpin pasar. Artinya, penantang pasar menarget segmen pasar yang menjadi pasar sasaran pemimpin pasar. Serangan demikian dilakukan Toyota saat mengeluarkan Kijang yang diarahkan pada segmen yang ditarget Mitsubishi melalui Kuda
D. Jawaban anda salah, pada strategi ekspansi pasar, yang dilakukan pemimpin pasar adalah meluncurkan berbagai tipe produk yang diarahkan pada berbagai segmen yang berbeda. Sasaran utama adalah merangkul konsumen baru yang memiliki selera berbeda, sekaligus mencegah masuknya pesaing di kemudian hari
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Jawaban anda salah, pada strategi ini terdapat satu atau beberapa pesaing kuat, yang mampu menggeser perusahaan kalau tetap bertahan. Lalu, konsumen tetap membeli produk walaupun program pemasaran telah dikurangi
B. Jawaban anda salah, penerapan strategi pemasaran membawa perusahaan pada posisi kuat dalam tahap dewasa, tetap dipertahankan. Resiko yang dihadapi perusahaan adalah penurunan keuntungan. Sebab, untuk mempertahankan pangsa pasar, perusahaan sangat mungkin menurunkan harga dan meningkatkan program pemasaran
C. Jawaban anda salah, pada kondisi penerapan strategi ini perusahaan memiliki pangsa pasar yang tinggi yakin akan keunggulan bersaingnya. Walaupun pasar menurun, perusahaan masih berinvestasi untuk meningkatkan pangsa pasar untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar
D. Jawaban anda benar, pada Niche Strategy sekalipun secara keseluruhan pasar menurun, ada saja kemungkinan satu atau beberapa segmen yang bertahan atau menurun perlahan. Segmen seperti inilah yang dicari dalam niche strategy. Pemain besar tentu berharap pada penjualan besar, sehingga mengejar segmen berukuran besar pula. Namun, perusahaan kecil dapat memusatkan perhatian pada segmen kecil yang memiliki kebutuhan khusus, dan tidak menarik bagi pemain besar saking kecilnya
Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka
EmoticonEmoticon