Soal Latihan Mandiri Audit Manajemen EKSI4414

Soal Latihan Mandiri Audit Manajemen EKSI4414
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Audit Manajemen EKSI4414 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 40 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!


1. “Audit Manajemen adalah untuk membantu manajemen dalam memperbaiki kinerja organisasi”. Pernyataan tersebut merupakan definisi Audit Manajemen menurut :

a. Brink’s Modern Internal Auditing
b. Alvin A. Arens & James K. Loebbecke
c. Leo Herbert
d. J. Santochi

2. Pernyataan berikut yang merupakan perbedaan antara Audit Manajemen dan Audit Keuangan adalah : ……

a. Audit Manajemen: tujuannya adalah untuk menyatakan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan; Audit Keuangan: tujuannya adalah untuk menilai dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan
b. Audit Manajemen: ruang lingkup audit meliputi area yang terkait dengan laporan keuangan; Audit Keuangan: ruang lingkup audit meliputi seluruh operasi dalam perusahaan
c. Audit Manajemen: orientasinya aspek operasional masa lalu, saat ini, dan yang akan datang; Audit Keuangan: orientasinya aspek keuangan masa lalu
d. Audit Manajemen: standar penilaiannya PABU; Audit Keuangan: standar penilaiannya: Prinsip-Prinsip Operasi Manajemen

3. Salah satu kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang auditor manajemen, yaitu:

a. Kemampuan menggunakan pendekatan monodisipliner
b. Kemampuan menggunakan satu teknik audit
c. Keterampilan memerintah dengan efektif
d. Gaya berpikir yang inkuisitif

4. Dalam melakukan survey pendahuluan, reviu atas kertas kerja dan temuan audit tahun sebelumnya dilakukan pada tahap …..

a. Dokumentasi
b. Pembuatan bagan alir/flowchart
c. Studi awal
d. Temuan audit

5. Dalam audit manajemen menggunakan pendekatan manajemen, unsur-unsur pekerjaan yang perlu diaudit adalah …..

a. Manajemen, mesin, material, uang, dan manusia
b. Manusia, keuangan, akuntansi, produksi, dan pemasaran
c. Perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian/pengawasan
d. Perencanaan, akuntansi, dan manusia

6. Proses seleksi dari pilihan yang terbaik di antara pilihan-pilihan yang ada merupakan salah satu fungsi manajemen, yaitu …..

a. Perencanaan
b. Pengendalian
c. Pengarahan
d. Pengorganisasian

7. Pengendalian yang bertujuan untuk memastikan bahwa strategi yang digunakan pada organisasi/perusahaan sudah tepat adalah pengendalian ……

a. Pengendalian strategi
b. Pengendalian organisasi
c. Pengendalian tugas
d. Pengendalian manajemen

8. Yang dimaksud dengan efektivitas adalah membandingkan antara ….

a. Sumber daya yang direncanakan dengan sumber daya yang digunakan
b. Tujuan dan hasil yang dicapai
c. Masukan dan keluaran
d. Rencana operasi dan prestasi aktual

9. Menurut Jung, tipe orang yang perhatian utamanya diarahkan ke dalam diri sendiri adalah tipe …..

a. Introvert
b. Extrovert
c. Ambiovert
d. Egois

10. Auditor yang baik perlu melakukan pendekatan yang efektif dengan auditee, dengan cara …..

a. Mengembangkan hubungan kemitraan
b. Mengembangkan hubungan atasan-bawahan
c. Bersikap sebagai kritikus
d. Mencari-cari kelemahan auditee

11. Salah satu sasaran penting audit manajemen fungsi keuangan adalah menilai …..

a. Efektivitas proses produksi
b. Efektivitas bidang keuangan
c. Kewajaran laporan keuangan
d. Kinerja penjualan perusahaan

12. Audit manajemen fungsi keuangan penting untuk dilakukan karena …..

a. Merupakan area yang berkaitan dengan uang
b. Mempunyai peranan yang sangat penting dan strategik dalam kehidupan perusahaan
c. Mempunyai peranan penting dalam mempromosikan citra perusahaan di mata konsumen
d. Merupakan area yang membawahi fungsi-fungsi lain dalam perusahaan

13. Area yang perlu diaudit dalam audit manajemen fungsi keuangan yang berkaitan dengan monitoring dan penjagaan kas, pembuatan catatan yang memadai mengenai investor dan pemegang saham, dan pemberia saran kepada manajemen tentang cara memaksimalkan return keuangan untuk perusahaan adalah …..

a. Analisis keuangan
b. Perencanaan dan penganggaran
c. Departemen treasury
d. Manajemen risiko

14. Pendekatan yang digunakan dengan meneliti berbagai dokumen tentang fungsi-fungsi yang diaudit, ditransformasikan ke dalam bentuk angka-angka, kemudian ditabulasikan dan bermanfaat terutama untuk menilai banyaknya kesalahan atau kekurangan yang terjadi adalah pendekatan …..

a. Komparatif
b. Statistikal
c. Penggalian informasi yang menyangkut ketaatan
d. Pemanfaatan keahlian pihak lain

15. Hasil dari audit fungsi keuangan adalah …..

a. Laporan audit yang berisi temuan-temuan kelemahan dalam fungsi keuangan beserta rekomendasi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut
b. Laporan keuangan aktivitas operasional perusahaan
c. Laporan keuangan aktivitas non-operasional perusahaan
d. Laporan kinerja per periode

16. Pemasaran adalah proses sosial yang di dalamnya individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain, merupakan definisi Pemasaran menurut …..

a. Peter Drucker
b. Ray Corey
c. Philip Kotler
d. Warren J. Keegan

17. Apa perbedaan kebutuhan dan keinginan?

a. Keinginan bersifat universal, sedangkan kebutuhan bersifat situasional
b. Kebutuhan bersifat universal, sedangkan keinginan bersifat situasional
c. Kebutuhan merupakan bentuk dari keinginan
d. Tidak terdapat perbedaan

18. Audit manajemen fungsi pemasaran penting dilakukan karena …..

a. Perubahan yang dihadapi perusahaan akan mempengaruhi kemampuan perusahaan menjalankan kegiatan operasionalnya, termasuk kegiatan pemasaran
b. Perusahaan diharuskan melakukan audit manajemen fungsi pemasaran
c. Perusahaan tidak ingin ketinggalan dengan perusahaan lain yang juga melakukan audit manajemen fungsi pemasaran
d. Jawaban A dan C benar

19. Dalam pelaksanaan audit manajemen fungsi pemasaran, informasi tentang keseimbangan penggunaan anggaran perusahaan dengan hasil yang dicapai merupakan informasi yang harus diperoleh auditor manajemen pada sasaran audit, yaitu …..

a. Strategi pemasaran
b. Organisasi bidang pemasaran
c. Sistem pemasaran
d. Lingkungan pemasaran

20. Menurut Grashof, auditor manajemen memutuskan cakupan yang tepat dan fokus dari audit pada salah satu langkah audit pemasaran, yaitu …..

a. Pengumpulan informasi
b. Analisis informasi
c. Aktivitas pra-audit
d. Formulasi dan rekomendasi

21. Salah satu manfaat dari pelaksanaan audit manajemen fungsi sumber daya manusia adalah menghilangkan ketidakjelasan tugas dan tanggung jawab fungsi sumber daya manusia. Berikut yang merupakan tugas dan tanggung jawab fungsi sumber daya manusia adalah …..

a. Memenuhi kebutuhan para manajer operasional di bidang ketenagakerjaan
b. Mempromosikan citra perusahaan kepada konsumen
c. Merumuskan kebijakan di bidang sumber daya manusia untuk diterapkan pada fungsi sumber daya manusia saja
d. Mencipatakan sistem informasi sumber daya manusia yang andal

22. Perusahan selalu menghadapi perubahan baik yang sifatnya eksternal maupun internal. Salah satu bentuk perubahan yang bersifat internal adalah …..

a. Perubahan di bidang politik
b. Dampak teknologi
c. Strategi baru
d. Bidang ketertiban umum dan keamanan

23. Terciptanya sistem informasi sumber daya manusia yang andal merupakan salah satu manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan audit manajemen fungsi sumber daya manusia. Sistem informasi sumber daya manusia yang andal diperlukan dengan tujuan agar …..

a. Fungsi dan kegiatan manajemen sumber daya manusia dapat terlaksana dengan tingkat efektivitas dan efisiensi yang tinggi
b. Perusahaan menerapkan sistem informasi yang paling modern
c. Manajemen sumber daya manusia dapat melakukan proses pelatihan dengan lebih baik
d. Perusahaan dapat mengikuti tren sistem informasi sama seperti perusahaan lain

24. Dalam audit manajemen fungsi sumber daya manusia, kepuasan para karyawan perusahaan merupakan salah satu dari …..

a. Lingkup audit manajemen fungsi sumber daya manusia
b. Aktivitas manajemen sumber daya manusia
c. Sasaran audit manajemen fungsi sumber daya manusia
d. Tujuan audit manajemen fungsi sumber daya manusia

25. Pada saat mereviu prosedur yang ada untuk promosi pegawai, selain menilai apakah dokumentasinya lengkap, auditor manajemen juga harus memastikan apakah …..

a. Prosedur tersebut sesuai standar pemerintah
b. Prosedur tersebut diterapkan secara konsisten
c. Prosedur tersebut hanya diketahui oleh fungsi sumber daya manusia
d. Para pegawai tidak mengetahui prosedur tersebut

26. Sebelum audit manajemen terhadap fungsi pembelian dilakukan, terlebih dahulu harus mengetahui ……

a. Rencana strategik
b. Nilai strategik
c. Sasaran strategik
d. Tujuan strategik

27. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memantau agar karyawan fungsi pembelian tidak terlibat dalam konflik kepentingan ketika menjalankan aktivitas pembelian adalah …..

a. Melakukan isolasi fungsi pembelian dari fungsi lain perusahaan
b. Membatasi wewenang dan besaran pembelian yang boleh dilakukan oleh fungsi pembelian
c. Melimpahkan fungsi pembelian ke tangan direksi dan komisaris
d. Adanya surat pernyataan bebas konflik kepentingan yang ditandatangani oleh karyawan yang bersangkutan

28. Audit manajemen fungsi pembelian memiliki tujuan akhir bagi manajemen perusahaan, yaitu untuk …..

a. Meningkatkan pemahaman fungsi pembelian bagi auditor dan manajemen
b. Memastikan bahwa perusahaan terbebas dari kondisi lingkungan yang merugikan perusahaan
c. Meningkatkan dedikasi dan etos kerja dari seluruh karyawan, khususnya fungsi pembelian perusahaan
d. Meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi perusahaan secara keseluruhan

29. Salah satu hal yang perlu didokumentasikan ketika auditor manajemen pertama kali memahami keseluruhan aktivitas dan kegiatan fungsi pembelian adalah …..

a. Formulir pemesanan barang
b. Struktur organisasi dan hubungan pelaporan dalam fungsi pembelian
c. Formulir penerimaan barang
d. Struktur organisasi bagian manufaktur

30. Sistem pembelian yang diproses secara otomatis dengan menggunakan komputer dikenal dengan istilah …..

a. Electronic Data Interchange (EDI)
b. Material Requisition Planning (MRI)
c. Purchasing Requisition and Order
d. Special Purchase Requirements

31. Kegiatan riset dan pengembangan terhadap produk perusahaan harus terus dilakukan karena ....

a. Bertujuan dalam perencanaan proses produksi yang akan dilaksanakan
b. Perusahaan perlu untuk menentukan standar biaya produksi atas suatu barang
c. Ketersediaan alat dan sarana kerja untuk menghasilkan produk yang memerlukan jaminan
d. Kebutuhan produk yang dihasilkan dari proses produksi perlu diestimasi

32. Letak kerumitan proses audit manajemen fungsi produksi apabila dibandingkan dengan audit manajemen terhadap fungsi lainnya adalah …..

a. Pihak auditor manajemen harus memahami sistem operasi produksi serta seluruh problem yang terjadi
b. Pihak auditor harus memahami latar belakang perusahaan
c. Pihak auditor harus memahami proses penyimpanan bahan baku dan bahan pendukung produksi
d. Pihak auditor harus memahami tahapan setelah proses pembelian bahan baku

33. Salah satu aspek yang harus tercakup pada pengendalian operasi produksi  adalah ....

a. Operasi perencanaan produksi
b. Penyimpanan bahan dan peralatan
c. Pengembangan teknik produksi alternatif
d. Efektivitas penggunaan jasa pendukung

34. Sistem penentuan biaya produksi yang digunakan oleh perusahaan dengan menentukan biaya yang bersifat tetap maupun variabel merupakan sistem biaya ....

a. standar
b. produksi
c. berbasis aktivitas
d. operasional

35. Pemeliharaan merupakan salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian secara khusus karena  …..

a. Pemeliharaan yang tidak berjalan baik akan menyebabkan gangguan terhadap kelancaran proses produksi
b. Pemeliharaan merupakan bagian dari proses produksi
c. Pemeliharaan sebagai dasar pengambilan keputusan
d. Berkaitan erat dengan upaya pencapaian tujuan dan strategi perusahaan dengan cara yang seefisien mungkin

36. Salah satu hasil dari penerapan Manajemen Kualitas Total atau TQM adalah ....

a. Perusahaan berupaya untuk menurunkan besaran barang cacat produksi hingga mencapai persentase tertentu dari keseluruhan produksi
b. Pengerjaan ulang terhadap barang produksi yang cacat harus dipastikan sebagai tahap yang normal untuk dilakukan
c. Perusahaan berupaya untuk mencapai zero defect dalam produksi
d. Perusahaan berupaya untuk mencapai zero effect dalam produksi

37. Suitability quality audit merupakan audit yang dilaksanakan ....

a. Untuk melakukan penilaian secara mendalam dan melakukan perbandingan antara program kualitas organisasi, fungsi-fungsi atau aktivitas perusahaan, modal, dan jasa terhadap standar atau kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perusahaan.
b. Untuk melakukan penilaian secara mendalam terhadap program kualitas yang telah dijabarkan atau ditentukan sebelumnya, seperti kebijakan dan prosedur yang menyangkut mutu.
c. Terhadap program, kebijakan, prosedur, standar operasi, instruksi kerja, dan sebagainya yang menunjukkan berbagai tingkatan tanggung jawab dan tindakan yang perlu diambil untuk mencapai tingkat mutu yang dituju
d. Untuk melakukan penilaian secara mendalam terhadap sistem kualitas untuk menentukan efektivitas dan kepatuhan terhadap sistem dan standar acuan yang telah ditetapkan sebelumnya

38. Proses membandingkan temuan audit dengan tujuan, kebijakan, dan prosedur organisasi disebut dengan ....

a. management review
b. performance review
c. quality system evaluation and improvement audit
d. internal quality system audit

39. Pemeriksaan interim terhadap proses yang sedang berlangsung merupakan aktivitas pengendalian mutu, yaitu ....

a. inspeksi terhadap fungsi penerimaan barang
b. inspeksi selama proses produksi
c. program perbaikan mutu di masa depan
d. inspeksi cara penggunaan oleh konsumen

40. Analisis audit kepastian mutu dilakukan untuk menentukan ....

a. kesesuaian sistem mutu perusahaan dengan kebutuhan mutu
b. penerapan praktik mutu yang baik pada perusahaan
c. proses penyampaian standar pada seluruh fungsi dalam perusahaan
d. pemahaman terhadap peranan pengendalian mutu

41. Audit yang dilakukan terhadap perencanaan pengolahan data bertujuan untuk ....

a. memastikan agar data dan informasi tidak sampai jatuh ke tangan orang yang tidak berhak
b. menilai keefektifan dan efisiensi organisasi dalam melakukan tugasnya
c. memastikan bahwa dalam penyusunan strategi, rencana induk maupun rencana kerja manajemen dan fungsional dalam perusahaan memperoleh dukungan berupa informasi yang memadai
d. mengungkapkan informasi seperti pertimbangan biaya, pertimbangan kebutuhan, pengaruh pengambilan keputusan terhadap organisasi, penyesuaian dengan kemajuan, dan pembaruan dalam bidang teknologi informasi

42.    Upaya untuk memastikan bahwa data yang diperoleh bermutu tinggi, relevan, dan dapat dipercaya merupakan kegiatan dari lingkup organisasi pengolahan data yaitu ....

a. pengumpulan data
b. pengolahan data
c. penyimpanan data
d. pengawasan data

43. Tindakan kecurangan yang terjadi di dalam perusahaan dapat disebabkan oleh beberapa hal. SAS Nomor 53 menyebutkan ada 3 faktor yang dapat mendorong terjadinya kecurangan, yaitu …..

a. Karakteristik manajemen; karakteristik operasi dan industri; dan karakteristik pengikatan
b. Karakteristik manajemen; karakteristik PDE; dan karakteristik pengikatan
c. Karakteristik PDE; karakteristik organisasi; dan karakteristik industri
d. Karakteristik PDE; karakteristik operasi dan indutri; dan karakteristik pengikatan

44. Praktik kecurangan yang berkaitan erat dengan hubungan pelanggan adalah ....

a. pencurian bahan baku
b. pemberian potongan atau rabat atas harga penjualan dalam jumlah yang berlebihan
c. pembayaran gaji fiktif
d. konflik kepentingan dalam perusahaan

45. Istilah yang tepat untuk menggambarkan ketidakmampuan auditor eksternal untuk memenuhi harapan pengguna laporan keuangan dalam hal pendeteksian kecurangan disebut dengan ....

a. risk assessment
b. expectation gap
c. white collar crime
d. materiality


Untuk mengetahui skor anda silahkan cocokan jawaban anda pada halaman kunci jawaban soal latihan mandiri Audit Manajemen EKSI4414

Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »