Soal Latihan Mandiri Ekonomi Perkotaan dan Transportasi ESPA4527

Soal Latihan Mandiri Ekonomi Perkotaan dan Transportasi ESPA4527

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Ekonomi Perkotaan dan Transportasi ESPA4527 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Ekonomi Perkotaan dan Transportasi ESPA4527, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Fenomena yang melatarbelakangi munculnya ilmu ekonomi perkotaan adalah...

A. munculnya berbagai masalah perkotaan
B. berkurangnya lahan pertanian di pedesaan
C. bertambahnya jumlah lapangan pekerjaan di perkotaan
D. bertambahnya kondisi sosial ekonomi di wilayah pedesaan

2. Dalam teori positif, ilmu ekonomi perkotaan digunakan untuk ….

A. mengevaluasi dan mengukur pencapaian dari kebijakan yang telah ditentukan oleh regulator sebelumnya di dalam sistem ekonomi perkotaan.
B. menyediakan penjelasan secara teoritis dan empiris sebagai salah satu bahan masukan bagi regulator untuk menentukan arah kebijakan perencanaan kota.
C. mengevaluasi pencapaian dari suatu sistem ekonomi perkotaan
D. menilai tingkat efisiensi dan pemerataan

3. Asumsi-asumsi yang digunakan dalam pendekatan yang menganggap kota sebagaimana negara yang melakukan perdagangan dengan negara lain, adalah ....

A. kota perlu menjaga keseimbangan ekspor – impor
B. setiap orang bertindak rasional untuk memenuhi hidupnya
C. campur tangan pemerintah dianggap memperburuk
D. perubahan ekonomi kota tidak mempengaruhi ekonomi nasional

4. Pendekatan ekonomi lokasi adalah pendekatan dimana kota dianggap...

A. layaknya sebuah negara yang memerlukan keseimbangan ekspor – impor
B. sebagai satu kesatuan yang sangat terbuka, yang tidak memiliki hambatan apapun di perbatasan
C. sebagai bagian ruang dari ekonomi nasional
D. sebagaimana negara yang melakukan perdagangan dengan negara lain

5. Ukuran yang biasa digunakan untuk membatasi pendefinisian kota adalah….

A. tingkat kepadatan penduduk
B. jumlah penduduk usia produktif
C. ragam aktivitas penduduk
D. fasilitas perkotaan

6. Penyebab utama yang memicu munculnya masalah-masalah perkotaan adalah….

A. urbanisasi
B. transmigrasi
C. unskilled labour
D. marginal social cost

7. Dilihat dari definisinya, apakah yang dimaksudkan dengan wilayah perkotaan atau urban area?

A. Suatu wilayah kewenangan pemerintahan yang dibatasi oleh suatu garis batas kewenangan administrasi pemerintahan yang ditetapkan berdasarkan Undang-Undang.
B. Merupakan suatu kota dengan wilayah sekelilingnya yang berpengaruh secara saling bergantungan.
C. Merupakan suatu wilayah yang didominasi oleh struktur binaan (man made structure).
D. Wilayah yang secara administratif dibatasi oleh suatu batas tertentu yang menyatakan wilayah kota.

8. Munculnya sebuah sistem perkotaan dikarenakan adanya keterkaitan/linkage antara kota (urban) dengan hinterlandnya. Istilah ”hinterland” berarti daerah/wilayah ....

A. yang berada di dalamnya
B. sekitarnya
C. asal penduduk
D. pemasok barang

9. Dari sekian banyak definisi kota yang ada, pengklasifikasi kota atas dasar jumlah penduduk disebut sebagai jenis klasifikasi yang bersifat dinamis, karena

A. penduduk selalu membutuhkan tempat tinggal/permukiman di wilayah perkotaan.
B. klasifikasi kota menentukan besaran penduduk yang menempatinya.
C. klasifikasi kota tertentu dapat berubah dalam perjalanan kehidupannya dikarenakan jumlah penduduknya yang selalu berubah.
D. pertumbuhan penduduk menyebabkan meningkatnya tuntutan penyediaan fasilitas pelayanan publik.

10. Dari beberapa teori lokasi yang ada, Teori Ricardo menekankan tentang ....

A. Perbedaan mengenai tingkat kesuburan tanah pertanian 
B. Intensitas aktivitas ekonomi pada wilayah pinggiran.
C. Aglomerasi ekonomi yang dibentuk di pusat-pusat daerah perkotaan.
D. Kecenderungan pola distribusi ruang bagi penggunaan tanah pertanian dan tingkatan intensitas kegiatan pertanian

11. Kurva penawaran sewa sektor jasa tanpa substitusi faktor memiliki slope ...

A. positif dan concave
B. positif dan convex
C. negatif dan concave
D. negatif dan convex

12. Secara umum sistem prasarana dapat dibagi menjadi tiga komponen, yaitu ...

A. komersial, komunikasi dan personal
B. material, institusional, personal
C. institusional, kultural dan edukasional
D. edukasional, moral dan material

13. Dalam pola penggunaan lahan menurut Sullivan, sektor manufaktur akan terkonsentrasi di…

A. pusat kota
B. sepanjang jalur utama transportasi
C. sekitar pusat kota
D. sekitar sektor jasa

14. Salah satu faktor yang berkontribusi pada suburbanisasi adalah...

A. sentralisasi sektor manufaktur
B. adanya kawasan bisnis terpadu
C. teknologi angkutan yang masih primitif
D. masalah fiskal di daerah pusat kota

15. Peraturan zoning yang memisahkan penggunaan tanah yang dipertentangkan disebut....

A. munisipalitis
B. nuisance zoning
C. fiscal zoning
D. design zoning

16. Salah satu metode yang digunakan untuk menganalisa pertumbuhan ekonomi kota adalah ...

A. Model Pertumbuhan Klasik
B. Model Keseimbangan Umum
C. Model Pasar Tenaga Kerja
D. Model Von Thunen

17. Ada dua alasan mengapa kurva permintaan tenaga kerja (demand labour curve) memiliki kemiringan negatif, yaitu ...

A. kenaikan upah dan migrasi
B. efek substitusi dan efek output
C. efek substitusi dan produktivitas
D. produktivitas dan migrasi

18. Faktor yang mempengaruhi kurva penawaran tenaga kerja bergeser ke kiri adalah :

A. pajak usaha
B. pajak hunian
C. kebijakan tata guna lahan
D. produktivitas tenaga kerja

19. Pengaruh pajak polusi terhadap kurva penawaran (supply) tenaga kerja adalah :

A. bergeser ke kanan
B. bergeser ke kiri
C. semakin curam
D. semakin landai

20. Seandainya angkatan kerja kota (penduduk asli) memiliki kualifikasi sebagai tenaga kerja baru di kota lain, maka...

A. angkatan kerja kota tidak mampu bersaing dengan pendatang
B. penduduk asli akan mendapatkan sekitar seperempat dari peluang baru yang ada
C. semakin sedikit peluang pekerjaan untuk tenaga kerja pendatang
D. kemungkinan terjadinya migrasi angkatan kerja semakin kecil

21. Menurut Rothenbergh, pola perjalanan yang mempunyai awal dan akhir di sub-urban dan tidak melalui Central Bussiness District, disebut

A. Pola Perjalanan Radial (Radial Trips)
B. Circumferential Trips
C. Pola Perjalanan Menerus (through trips)
D. CBD Travel

22. Lembaga yang berperan penting dalam menentukan kebijakan sistem pergerakan adalah ...

A. Bappenas
B. Bina Marga
C. Organda
D. KNKT

23. Keseimbangan pada sistem transportasi akan tercapai apabila...

A. perubahan pada suatu sistem tidak bersamaan dengan perubahan pada sistem yang lain
B. perubahan suatu sistem tidak mempengaruhi sistem yang lain
C. tidak terjadi perubahan pada sistem
D. perubahan pada suatu sistem diimbangi dengan perubahan pada sistem yang lain

24. Permasalahan utama penyebab tidak efisiennya kinerja sistem pergerakan di kota-kota besar adalah...

A. semakin banyaknya jenis transportasi massal
B. masyarakat lebih memilih menggunakan angkutan umum
C. semakin meningkatnya jumlah angkutan umum
D. ingginya pengguna kendaraan pribadi

25. Masyarakat pengguna moda transportasi cenderung memilih kendaraan pribadi daripada angkutan umum, karena...

A. adanya kebijakan pembatasan angkutan umum
B. adanya bentuk disinsentif bagi pengguna kendaraan pribadi
C. rendahnya user benefit bagi masyarakat pengguna angkutan umum
D. dengan menggunakan kendaraan pribadi dapat terbebas dari kemacetan

26. Menurut Prof. Daniel Mc Fadden, faktor penolak yang dapat menyebabkan peralihan dari kendaraan pribadi ke angkutan umum yaitu ...

A. membuat berkendaraan pribadi sangat mahal
B. membuat angkutan umum aman, nyaman, andal dan terjangkau
C. menghilangkan pajak-pajak yang berhubungan dengan kendaraan pribadi
D. menaikkan tarif angkutan umum

27. Pendorong utama pembangunan ekonomi nasional di Negara Sedang Berkembang (NSB) adalah...

A. Urbanisasi
B. Industrialisasi
C. Transportasi
D. Transmigrasi

28.Berikut ini merupakan imbas dari pembangunan infrastruktur transportasi pada proporsi tata guna lahan di perkotaan :

A. Area perdagangan dan bisnis semakin dikurangi
B. Pembatasan wilayah industri
C. Perluasan area hijau untuk ditanami pohon
D. Tanah-tanah untuk pemukiman dikurangi

29. Model yang menggunakan proposisi bahwa probabilitas sebuah perjalanan akan berakhir di satu zona tertentu, proporsional dengan level aktivitas tata guna lahan dari zona tersebut, dikalikan probabilitas suatu tujuan/akhir perjalanan dekat dengan zona awal perjalanan yang belum diseleksi, dinamakan .....

A. Model Permintaan Perjalanan
B. Model Gravity
C. Model Oportunitas
D. Model Trip Generation

30. Inti dari Model Berdasarkan Data Jaringan ialah .....

A. mencari matriks perjalanan yang mendekati matriks ‘a priori’, tetapi konsisten dengan informasi yang ada di perhitungan perjalanan.
B. maksimisasi berdasarkan data jaringan, yang kemudian memilih matriks perjalanan yang memaksimalkan entropi, (S(Tij/tij)).
C. model yang didasarkan pada keterbatasan informasi mengenai perjalanan, sebagai dasar estimasi dari ketiga faktor di atas.
D. efek dari pemisahan spasial/zona dengan membuat peringkat akhir (atau awal) perjalanan dalam waktu/jarak dari awal/akhir perjalanan.

31. Perhatikan gambar berikut :

Berdasarkan gambar tersebut, titik optimum bagi perekonomian terjadi pada titik ...

A. e
B. h
C. i
D. j

32. Pajak menaikkan biaya jika seseorang mengemudi kendaraan pribadi dibandingkan dengan transportasi umum disebut ...

A. location choices
B. travel route
C. time of travel
D. Modal Substitution

33. Dalam pengadaan sarana transportasi umum, efisiensi akan semakin dicapai ketika

A. frekuensi penggunaan infrastruktur transportasi umum semakin kecil
B. frekuensi penggunaan infrastruktur transportasi umum semakin besar
C. frekuensi penggunaan infrastruktur transportasi umum konstan
D. jumlah pengguna alat transportasi umum semakin kecil

34. Sumber keuangan pemerintah yang selanjutnya digunakan untuk melakukan pembiayaan pengelolaan kota, merupakan hasil penerimaan dari :

A. pajak dan pungli
B. denda dan retribusi
C. pajak dan retribusi
D. pajak dan tabungan

35. Proses perencanaan transportasi perkotaan secara umum melalui empat tahap sebagai berikut :

A. observasi – akumulasi data – rumusan hipotesis - generalisasi
B. observasi – penyusunan hipotesis – pengujian hipotesis – perumusan rekomendasi
C. generalisasi – rumusan hipotesis – pengujian hipotesis – verivikasi
D. rumusan masalah – akumulasi data – penyusunan hipotesis – pengujian hipotesis

36. Dalam program penanggulangan kemiskinan, kebijakan yang berkaitan dengan distribusi pendapatan, dinamakan ...

A. Kebijakan Makroekonomi
B. Kebijakan Pajak Pendapatan
C. Kebijakan Mempertahankan Pendapatan (Income Maintenance)
D. Kebijakan Pertumbuhan Ekonomi

37. Pembangunan ekonomi dengan meningkatkan pendapatan masyarakat dianggap dapat mengurangi tingkat kriminalitas, karena ...

A. insentif bagi pelanggar hukum akan meningkat
B. biaya untuk melanggar hukum akan meningkat
C. tingkat kepuasan dari taat hukum akan semakin kecil
D. tingkat kepuasan dari melanggar hukum semakin rendah

38. Biaya yang harus ditanggung akibat melakukan tindakan yang anti sosial disebut ..

A. marginal cost
B. opportunity cost
C. anguish cost
D. prison cost

39. Salah satu alasan tingginya tingkat kriminalitas di kota besar adalah ...

A. sifat solidaritas tinggi dari masyarakat kota besar
B. lebih banyak rumahtangga yang dikepalai perempuan
C. peningkatan pendapatan
D. tingginya opportinity cost untuk melakukan kejahatan

40. Perumahan mempunyai ciri khas yang membuatnya berbeda dari komoditi lain, yaitu ...

A. komoditi perumahan bersifat fleksibel
B. relatif mudah rusak
C. konsumsi perumahan mudah berubah seiring perubahan pendapatan
D. memiliki stok heterogen baik dari ukuran, bentuk, gaya, lokasi dan sebagainya

41. Pengelolaan kota lebih baik dilakukan oleh ...

A. pemerintah (sektor publik)
B. swasta (sektor privat)
C. perorangan
D. lembaga swadaya masyarakat

42. Dalam kaitannya dengan peranan dan fungsi pemerintah dalam manajemen perkotaan, aspek yang dinilai memegang peranan penting adalah aspek...

A. keuangan
B. hukum
C. kepemimpinan
D. kekuasaan

43. Pelayanan pemerintah yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen yang dibutuhkan oleh publik, dikelompokkan dalam :

A. Pelayanan Barang
B. Pelayanan Administratif atau pelayanan sipil
C. Pelayanan Jasa
D. Pelayanan Sosial

44. Sumber keuangan pemerintah yang selanjutnya digunakan untuk melakukan pembiayaan pengelolaan kota, merupakan hasil penerimaan dari :

A. pajak dan pungli
B. denda dan retribusi
C. pajak dan retribusi
D. pajak dan tabungan

45. Kebijaksanaan Pemerintah Daerah yang sangat tepat saat ini untuk meningkatkan penerimaan daerah dalam jangka pendek sebaiknya dititikberatkan pada...

A. intensifikasi pemungutan pajak
B. ekstensifikasi pemungutan pajak
C. membuat undang-undang perpajakan baru
D. tetap menggunakan sistem dan prosedur pemungutan konvensional


Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Ekonomi Perkotaan dan Transportasi ESPA4527


Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »