Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Birokrasi Indonesia IPEM4317 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Konsep birokrasi maupun permasalahannya dibahas pertama kali oleh Negara ....
A. Belanda
B. Amerika
C. Inggris
D. Perancis
2. Menurut Weber, birokrasi tidak sama dengan demokrasi, di mana demokrasi adalah merupakan perwujudan orang-orang yang menjadi pejabat yang
A. dipilih oleh orang banyak
B. ditunjuk oleh pimpinan
C. diangkat oleh pejabat
D. memiliki kewenangan sehingga dapat mengangkat dirinya sendiri
3. Sesuai dengan konsep birokrasi sebagai organisasi, maka agar pekerjaan tidak menyimpang diperlukan adanya ….
A. anggaran
B. hasil kegiatan
C. kelompok kerja
D. standar kerja
4. E.Strauss menunjukkan gejala birokrasi yang tidak efisien dalam hal ….
A. Kurang inisiatif dan lamban dalam mengerjakan urusan pekerjaan
B. tidak percaya preseden
C. Luas wilayah
D. Anggaran serta perencanaan yang tidak matang
5. De Gourney dan Mil menyatakan bahwa birokrasi sebagai kekuasaan yang dijalankan oleh pejabat, sebenarnya adalah ….
A. Birokrasi yang sebenarnya merupakan arti kekuasaan suatu kelas
B. Kekuasaan untuk kebaikan seluruh rakyat
C. Kekuasaan yang dicari-cari oleh pejabat
D. Kekuasaan yang diperoleh oleh rakyat
6. Yang termasuk ciri administrasi birokratik antara lain adalah ….
A. Struktur organisasi non formal
B. kerja tidak tetap
C. Impersonalitas
D. Non keahlian
7. Friedrich dan T. Cole dalam pandangannya mengatakan bahwa keberadaan birokrasi sebenarnya terdapat ….
A. hanya dalam organisasi modern
B. di dalam konteks pemerintah daerah
C. di dalam maupun di luar organisasi pemerintahan
D. dalam keadaan tidak pernah stabil
8. Weber mengidentifikasi legitimasi otoritas yang dimiliki penguasa yaitu ….
A. otoritas karismatik, tradisi, dan legal
B. senioritas, otoriter, dan mutlak
C. tunggal, otoriter, dan legal
D. legal, otoriter, dan senioritas
9. Birokrasi menurut Weber adalah ....
A. pejabatnya dipilih
B. pejabatnya berasal dari masyarakat umum
C. pejabatnya diangkat dan haknya melekat pada dirinya
D. pejabatnya tidak punya hak
10. Jalur lalu lintas perdagangan dimasa kerajaan Sriwijaya adalah selat ….
A. Sunda
B. Sunda
B. Bali
C. Lombok
D. Malaka
11. Kemunduran kerajaan Majapahit dimulai pada abad ke ….
A. 15
B. 16
C. 17
D. 18
12. Apabila raja Kutai berhalangan dalam menjalankan tugasnya maka yang berhak mewakili adalah ….
A. majelis
B. Patih
C. Menteri
D. Mangkubumi
13. Pada masa kerajaan Mataram, pangkat seorang pegawai didasarkan atas ….
A. lamanya mengabdi kepada raja
B. jumlah suara yang diperoleh dalam pemilihan
C. kemampuan berperang dengan menggunakan senjata
D. jumlah orang yang ada dibawah yuridiksinya
14.Istilah pangreh praja berarti orang pribumi yang berkuasa di wilayahnya, menurut ….
A. sekelompok pemberontak kerajaan
B. orang yang mempunyai kedudukan khusus di kerajaan
C. orang yang mempunyai kedudukan khusus di kerajaan
D. orang yang memerintah dalam wilayahnya secara otoriter
15. Sikap para pejabat Hindia Belanda mengenai kebijakan etis yang dilakukan oleh para pembaru pada umumnya ….
A. membiarkan perbedaan antar pribumi dan eropa
B. tidak setuju kebijakan etis
C. sangat setuju kebijakan etis
D. mendorong kerajaan di Indonesia supaya membantu pelaksanaannya
16. Program jangka panjang dalam rangka melindungi serta mengembangkan hasil yang diperoleh dari pengambilalihan (misalnya harta benda atau kekayaan) yang dilakukan oleh kelompok strategis dapat disebut sebagai….
A. tindakan strategis
B. misi strategis
C. program terencana
D. program nasional
17. Kegiatan oleh sekelompok orang yang merupakan contoh dari kelompok strategis adalah ….
A. kelompok arisan ibu-ibu RT
B. kelompok pengajian di masjid
C. kelompok paduan suara di gereja
D. Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGRI)
18. Pembentukan kelas-kelas dalam kelompok strategis akan menyebabkan solidaritas kelompok strategis dalam rangka penguatan kelompok akan menjadi ….
A. mudah diatur
B. terarah
C. terancam
D. disiplin
19. Perubahan-perubahan kuantitatif atau kualitatif dalam kelompok strategis dapat digunakan sebagai alat analis bagi kelompok strategis, dalam rangka ….
A. mengetahui jumlah kelompok strategis secara tepat
B. melakukan perbandingan terhadap berbagai macam tipe masyarakat
C. menghindari munculnya masalah
D. pimpinan dapat mengambil keputusan secara cepat
20. Tingkat mobilitas dari kelas yang dikuasai (Nai) ke kelas yang berkuasa (Phrai) di Bangkok, Thailand pada masa lampau adalah ….
A. sangat mudah
B. sangat sulit
C. tergantung penguasa
D. tergantung ketua adat
21. Kelompok strategis yang saling menguatkan satu sama lain di abad pertengahan di Eropa adalah kaum ….
A. kaum pendeta dan panglima perang
B. tuan tanah dan pendeta
C. kaum feodal dan pendeta
D. panglima perang dan kaum feodal
22. Aspek-aspek yang terdapat dalam tindakan strategis antara lain adalah ….
A. koalisi antara pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemerintahan
B. kegiatan oleh masyarakat umum
C. tindakan yang diarahkan untuk mencapai tujuan penting yang lebih kompleks
D. tindakan yang direncanakan untuk jangka pendek
23. Di Hohenlohe, Jerman pada akhir tahun 1960, program bantuan industri yang diberikan kepada para petani dianggap sangat menguntungkan karena jika para petani tetap bekerja di pabrik akan ….
A. penuh dengan polusi yang merusak paru-paru
B. penuh dengan polusi yang merusak paru-paru
C. tanpa ada kepastian bekerja, serta ada ancaman mengenai kelangsungan pekerjaannya
D. terdapat diskriminasi kerja yang sangat mengganggu konsentrasi bekerja
24. Pada masa kolonial, pada umumnya aparat administrasi negara berfungsi sebagai ….
A. pelayan masyarakat
B. agen pengambilalihan pendapatan
C. pedagang
D. pengusaha
25. Suatu inovasi atau penemuan baru dapat dianggap sebagai …..
A. kekayaan abadi bangsa
B. munculnya kemungkinan bencana masyarakat
C. sumber perubahan sosial
D. hasil kerja pimpinan negara
26. Krisis ekonomi yang berlangsung pada sekitar tahun 1950 an di Indonesia, pada umumnya menyangkut ….
A. Penurunan kinerja birokrat
B. inflasi tinggi
C. penurunan ekspor komoditas karet
D. peningkatan jumlah pegawai negeri sipil atau tentara
27. Contoh dari keterbukaan atau kebebasan yang terjadi di Yogyakarta antara tahun 1946 – 1957 adalah ….
A. keberadaan DPR desa
B. dibukanya kesempatan berdemonstrasi secara bebas
C. kebebasan berdagang di jalan utama
D. hubungan yang harmonis antara raja dengan pemerintah daerah
28. Pada awal kemerdekaan, Indonesia mengadopsi pemikiran barat dengan menggunakan sistem ….
A. demokrasi parlementer
B. demokrasi terpimpin
C. komunisme
D. Pancasila
29. Penyelenggaraan program transmigrasi dari Jawa ke Lampung menyebabkan terjadinya percampuran bentuk kegiatan pekerjaan pada kedua masyarakat. Namun warga transmigrasi tetap menyenangi budaya dan selalu mengadakan pertunjukan budayanya sendiri. Hal tersebut menunjukkan ….
A. pemerintah mampu menyelenggarakan program transmigrasi
B. program transmigrasi dapat mempererat persatuan
C. program transmigrasi sangat mudah dilaksanakan
D. bentuk masyarakat transmigrasi berubah, namun nilai sosial yang lama masih melekat
30. Yang berperan aktif sebagai pelaksana keputusan-keputusan yang dirumuskan oleh pemimpin politik adalah ….
A. pengusaha
B. partai politik
C. militer
D. birokrasi
31. Pembangunan yang manusiawi harus memperhatikan konsep ….
A. padat modal , sistem , teknologi maju
B. industri, padat modal, mesin
C. Kebebasan, persamaan, dan partisipasi
D. Pertumbuhan tinggi, budaya barat, dan kapitalisme
32. Penerapan demokrasi didasarkan pada nilai-nilai dan martabat manusia, di mana dari nilai-nilai yang ada tersebut, nilai yang dianggap mempunyai nilai tertinggi adalah ….
A. kebaikan
B. keindahan
C. kekayaan
D. kemiskinan
33. Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk memperlancar pelayanan publik dengan memperbaiki kondisi birokrasi yang mencakup aspek ….
A. kelembagaan maupun kerjasama
B. kelembagaan maupun kultural
C. perencanaan maupun teknologi maju
D. informasi maupun penganggaran
34. Setiap pegawai yang mempunyai kecakapan dan keahlian diberi kesempatan untuk menduduki jabatan yang kosong dalam suatu unit organisasi, di dalam sistem kepegawaian diartikan sebagai ….
A. sistem karir tertutup
B. jenjang kepangkatan
C. prospek berkarir
D. sistem karir terbuka
35. Penerapan good governance sebagai konsep baru sangat tergantung ….
A. pimpinan pemerintahan
B. komitmen moral para pelaksana
C. bantuan asing
D. kemauan pengusaha
36. Model kognitif yang didasarkan pada birokrasi tradisional pada umumnya ….
A. selalu bersumber pada budaya asing
B. tidak mempedulikan keselarasan sosial
C. mentabukan konflik
D. mengikuti arus modernisasi barat
37. Orientasi birokrasi yang selalu melihat ke pimpinan atas, mengakibatkan ….
A. praktek patrimonialisme pada birokrasi di segala bidang
B. pemerintah tidak dapat menjangkau seluruh wilayah
C. partisipasi masyarakat menjadi kurang
D. penguasa tidak tahan kritik
38. Salah satu syarat untuk mencegah munculnya neotradisionalisme birokrasi menurut Priyo Budi Santosa adalah ….
A. melarang segala bentuk adat budaya yang sudah tidak sesuai
B. mentrasfer nilai demokrasi barat
C. diperlukan transformasi nilai birokrasi modern yang organis-adaptif
D. menggali nilai-nilai budaya sendiri
39. Menurut E.Strauss, gejala birokrasi yang terlalu banyak menggunakan formulir memberi kesan bahwa birokrasi ….
A. mempunyai pimpinan yang tidak komunikatif
B. sama dengan urusan yang mudah dan lancar
C. berhubungan dengan uang jasa pelayanan
D. sangat tergantung dengan kertas
40. Terjadinya korupsi dan nepotisme terdapat di….
A. negara industri
B. negara agraris
C. negara maju
D. negara berkembang dan negara maju
41. Faktor utama yang menjadi penyebab tindakan korupsi pada umumnya adalah….
A. kecemburuan sosial
B. ahlak pegawai yang buruk
C. sikap atasan yang kasar
D. faktor ekonomi
42. Myrdal membahas permasalahan uang pelicin ditinjau dari aspek….
A. penyebab terjadinya uang pelicin
B. besarnya uang pelicin
C. siapa yang menerima uang pelicin
D. siapa yang memberikan uang pelicin
43. Seorang pegawai yang mengubah angka pada kuitansi pembayaran dengan nilai lebih tinggi dari yang seharusnya termasuk tindakan….
A. korupsi
B. kolusi
C. nepotisme
D. substitusi
44. Di negara sedang berkembang pada umumnya …..
A. banyak menggunakan teknologi maju
B. tidak banyak lapangan pekerjaan
C. ekonomi sangat maju
D. banyak tenaga terdidik
45. Birokrasi di negara berkembang terkait dengan aspek tradisional di mana yang masih sering digunakan dalam pengangkatan jabatan adalah alasan….
A. pendidikan
B. anggaran
C. patrimonial
D. kondisional
Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Birokrasi Indonesia IPEM4317
Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka
EmoticonEmoticon