Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pengajaran Keterampilan Berbahasa PBIN4218

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Pengajaran Keterampilan Berbahasa PBIN4218 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pengajaran Keterampilan Berbahasa PBIN4218. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
Opsi A salah. Motivator dan fasilitator merupakan peran guru dalam pembelajaran keterampilan berbahasa 
Opsi B salah. Dalam pembelajaran keterampilan berbahasa,siswa memang berperan sebagai aktor tetapi tidak sebagai fasilitator 
Opsi C Benar. Dalam pembelajaran bahasa, siswa sebagai aktor yang giat melaksanakan kegiatan pembelajaran dan sebagai negoisator yang senantiasa mempertemukan kegiatan belajar dengan kebutuhan dalam belajar bahasa 
Opsi D salah.Dalam pembelajaran bahasa, siswa memang berperan sebagai negoisator,sedangkan motivator merupakan peran guru yang mendorong aktivitas belajar siswa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
Opsi A salah. Pengajaran keterampilan berbahasa berkaitan erat dengan perbuatan mendidik yaitu sebagai upaya mendewasakan anak dalam berbagai dimensi, baik dimensi intelektual, emosional, dan sosial 
Opsi B salah. Pengajaran keterampilan berbahasa bukan semata-mata menerampilkan siswa menggunakan bahasa, tetapi juga meningkatkan kematangan intelektual, emosional, dan sosial 
Opsi C salah. Pengajaran keterampilan berbahasa bertujuan untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional dan sosial 
Opsi D benar. Kematangan religi tidak termasuk ke dalam tujuan pembelajaran keterampilan berbahasa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
Opsi A benar. Melalui pengajaran keterampilan berbahasa hasil standarisasi bahasa yang dimasyarakatkan kepada penuturnya dalam hal ini siswa sebagai salah satu penutur segera memperoleh balikan 
Opsi B salah. Pernyataan tersebut merupakan manfaat pengajaran keterampilan berbahasa berkaitan erat sebagai sarana pelestarian dan pengembangan budaya 
Opsi C salah. Pernyataan tersebut merupakan manfaat pengajaran keterampilan berbahasa berkaitan erat sebagai sarana pelestarian dan pengembangan budaya 
Opsi D salah. Pernyataan tersebut merupakan manfaat pengajaran keterampilan ditinjau dari segi kurikulum 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
Opsi A salah. Fungsi pembelajaran tersebut melatih kemampuan afektif siswa 
Opsi B salah. Fungsi pembelajaran bahasa tersebut melatih kemampuan emosi siswa 
Opsi C salah. Fungsi pembelajaran bahasa tersebut melatih kemampuan emosi siswa 
Opsi D benar. Fungsi pembelajaran bahasa tersebut melatih kemampuan penalaran siswa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
Opsi A benar. Menyimak dan berbicara merupakan keterampilan berbahasa lisan. 
Opsi B salah. Berbicara merupakan keterampilan berbahasa lisan, tetapi keterampilan membaca adalah keterampilan berbahasa tulis 
Opsi C salah. Membaca dan menulis merupakan keterampilan berbahasa tulis 
Opsi D salah. Menulis merupakan keterampilan berbahasa tulis, menyimak merupakan keterampilan berbahasa lisan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
Opsi A salah. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pemilihan materi pembelajaran keterampilan membaca 
Opsi B benar. Berbicara dan menyimak merupakan kegiatan resiprokal. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran keterampilan berbahasa, kedua keterampilan tersebut tidak dapat terpisahkan. 
Opsi C salah. Pemilihan materi pembelajaran berbicara hendaknya dapat mendorong siswa untuk berlatih berbicara dengan menggunakan teknik-teknik berbicara yang baik bukan hanya sekedar memahami teknik berbicara 
Opsi D salah. Pemilihan materi pembelajaran berbicara tidak boleh bersifat teori tetapi harus bersifat aplikatif 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
Opsi A salah. Menulis formulir merupakan salah satu materi pembelajaran keterampilan berbahasa dengan aspek produktif 
Opsi B salah. Wawancara merupakan salah satu materi pembelajaran keterampilan berbahasa lisan 
Opsi C benar. Berlatih menentukan topik sebuah wacana merupakan salah satu materi pembelajaran keterampilan berbahasa dengan aspek pemahaman bahasa lisan
Opsi D salah. Mendengarkan berita merupakan salah satu materi pembelajaran keterampilan berbahasa lisan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
Opsi A salah. No. 2 dan 5 adalah materi untuk pembelajaran kosakata 
Opsi B salah. No. 2 adalah materi untuk pembelajaran kosakata 
Opsi C benar. Susunan materi pembelajaran tersebut untuk pembelajaran kalimat majemuk 
Opsi D salah. No. 5 adalah materi untuk pembelajaran kosakata 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
Opsi A benar. Pernyataan tersebut merupakan pengertian perencanaan tujuan pembelajaran 
Opsi B salah. Pernyataan tersebut merupakan pengertian tujuan pembelajaran 
Opsi C salah. Pernyataan tersebut merupakan pengertian materi pembelajaran 
Opsi D salah. Pernyataan tersebut merupakan pengertian observasi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
Opsi A salah. Pernyataan tersebut merupakan isi/materi pembelajaran berupa konsep
Opsi B benar. hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi disebut fakta (isi/materi pembelajaran berupa fakta)
Opsi C salah. Proses berkaitan dengan prosedur (isi/materi pembelajaran berupa prosedur)
Opsi D salah. Dalil atau rumus-rumus merupakan isi/materi pembelajaran berupa prinsip

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
Opsi A salah. menulis artikel tentang kiat-kiat belajar yang baik merupakan contoh pembelajaran keterampilan menulis yang berisi prosedur 
Opsi B salah. Menulis rangkuman dari sebuah artikel merupakan contoh pembelajaran keterampilan menulis yang berisi konsep 
Opsi C benar. Menulis naskah berita merupakan contoh pembelajaran keterampilan menulis yang berisi fakta 
Opsi D salah. Menulis kamus kecil merupakan contoh pembelajaran keterampilan menulis yang berisi prinsip 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
Opsi A benar. TIK tersebut mengandung 4 kriteria yaitu audience (Siswa) yang melakukan perbuatan, behavior (dapat membuat sebuah puisi) yaitu kegiatan yang dilakukan oleh siswa, condition (dengan tema 'kebersihan') yaitu keadaan yang berupa syarat, dan degree (dengan baik) yaitu tingkat keberhasilan yang harus dipenuhi oleh siswa. 
Opsi B salah. Di dalam TIK tersebut hanya terdapat audience (Siswa) yang melakukan perbuatan, behavior (dapat membaca sebuah dialog) yaitu kegiatan yang dilakukan oleh siswa, dan degree (dengan baik) yaitu tingkat keberhasilan yang harus dipenuhi oleh siswa. 
Opsi C salah. Di dalam TIK tersebut hanya terdapat audience (Siswa) yang melakukan perbuatan, behavior (dapat memerankan watak tokoh protagonis dan antagonis) yaitu kegiatan yang dilakukan oleh siswa, dan condition (dalam sebuah drama pendek) yaitu keadaan yang berupa syarat 
Opsi D salah. Di dalam TIK tersebut hanya terdapat audience (Siswa) yang melakukan perbuatan, dan behavior (dapatmembuat sebuah karangan pendek) yaitu kegiatan yang dilakukan oleh siswa. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
Opsi A salah. VCD player dan TV merupakan contoh media audio visual
Opsi B salah. Radio memang contoh media audio, tetapi TV adalah contoh media audiovisual 
Opsi C benar. Radio dan tape recorder adalah contoh media audio 
Opsi D salah. Tape recorder memang merupakan contoh media audio, tetapi VCD player merupakan contoh media audio visual 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
Opsi A salah. Mempelajari buku petunjuk penggunaan media sangat penting agar tidak salah dalam menggunakannya 
Opsi B salah. Menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk penggunaaan media sangat penting agar 
Opsi C salah. Perlu diketahui terlebih dahulu apakah pembelajaran dilakukan secara individual atau kelompok agar tidak salah dalam menetapkan media pembelajaran. 
Opsi D benar. Menyiapkan siswa untuk mulai melakukan pembelajaran bukan hal yang disiapkan dalam penggunaan media pembelajaran tetapi bagian dari kegiatan awal pembelajaran 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
Opsi A benar. Materi yang akan disajikan dalam pembelajaran di laboratorium merupakan materi yang lengkap yang dikemas dalam bentuk rekaman-rekaman. 
Opsi B salah. Menurut pandangan pertama, materi yang akan disajikan merupakan materi yang lengkap.
Opsi C salah. Pernyataan tersebut merupakan ciri pandangan kedua 
Opsi D salah. menurut pandangan pertama, yang mengajar adalah asisten pengajar karena materi yang akan diajarkan sudah lengkap sehingga tidak perlu lagi pengajar ahli dalam pembelajaran dilaboratorium 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
Opsi A salah. Kegiatan pembelajaran tersebut dapat di lakukan di laboratorium bahasa. Siswa mendengarkan beberapa kalimat dari rekaman kaset kemudian mengamalisis ketepatan dan keefektifan dari kalimat yang disimaknya. 
Opsi B salah. Kegiatan pembelajaran tersebut dapat di lakukan di laboratorium bahasa. Puisi yang direkam dalam kaset diperdengarkan kepada siswa, kemudian siswa menganalisis isi puisi tersebut. 
Opsi C benar. Pembelajaran tersebut dilakukan di luar laboratorium bahasa. 
Opsi D salah. pembelajaran tersebut dapat dilakukan di laboratorium bahasa. Siswa diminta untuk menyimak pengucapan kata dari kaset rekaman, kemudian siswa menentukan kesalahan pelafalan kata tersebut. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
Opsi A salah. Pernyataan tersebut merupakan pandangan interaksional 
Opsi B benar. Pernyataan tersebut merupakan pandangan struktural 
Opsi C salah. Pernyataan tersebut merupakan pandangan fungsional 
Opsi D salah. Pernyataan tersebut merupakan pandangan interaksional 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
Opsi A salah. Kegiatan menyimak menunjukkan kemampuan reseptif 
Opsi B benar. Yang termasuk kemampuan ekspresif adalah menulis dan berbicara. Dengan demikian, kegiatan menulis naskah berita termasuk kemampuan berbahasa reseptif 
Opsi C benar. Yang termasuk kemampuan ekspresif adalah menulis dan berbicara. Dengan demikian, kegiatan menulis naskah berita termasuk 
Opsi D salah. Kegiatan pembelajaran tersebut menunjukkan kemampuan reseptif karena di dalamnya terdapat keterampilan menyimak.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
Opsi A salah. Mendengar  membaca merupakan urutan pola strategi reseptif-reseptif. Mendengar dan membaca merupakan keterampilan reseptif 
Opsi B benar. Mendengar  menulis merupakan urutan pola strategi reseptif  ekspresif. Mendengar merupakan keterampilan reseptif dan menulis merupakan keterampilan ekspresif 
Opsi C salah. Berbicara  menulis merupakan pola strategi ekspresif-ekspresif. Berbicara dan menulis merupakan keterampilan ekspresif. 
Opsi D salah. Berbicara mendengar merupakan urutan pola strategi ekspresif  reseptif. Berbicara merupakan keterampilan ekspresif dan mendengar merupakan keterampilan reseptif 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
Opsi A benar. Dengan berlatih secara terus menerus, keterampilan berbahasa akan lebih cepat dikuasai oleh siswa 
Opsi B salah. Teori tentang keterampilan berbahasa bukan hal yang utama untuk dipelajari dalam pembelajaran keterampilan berbahasa 
Opsi C salah. Keterampilan berbahasa diperoleh bukan melalui kegiatan menghafal. 
Opsi D salah. keberhasilan pembelajaran keterampilan berbahasa bukan dengan cara mencatat penjelasan guru tetapi dengan cara berlatih keterampilan berbahasa secara terus menerus. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
Opsi A salah. Pernyataan tersebut merupakan langkah awal belajar untuk memperoleh keterampilan membaca. 
Opsi B salah. Pernyataan tersebut merupakan langkah kedua yang harus dilewati untuk memperoleh keterampilan membaca. 
Opsi C benar. Pernyataan tersebut tidak tepat. Langkah ke tiga yang harus dilewati untuk memperoleh keterampilan membaca adalah siswa berlatih membaca berkelanjutan dengan bimbingan guru 
Opsi D salah. Pernyataan tersebut merupakan langkah keempat yang harus dilewati untuk memperoleh keterampilan membaca. Membaca intensif dilakukan dengan bimbingan guru, sedangkan membaca ekstensif dilakukan tanpa bimbingan guru. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
Opsi A salah. Kegiatan pembelajaran pada opsi A menggunakan pendekatan reseptif  ekspresif. Membaca sebuah novel (keterampilan reseptif), dan menulis sinopsis (keterampilan ekspresif). 
Opsi B salah. Kegiatan pembelajaran pada opsi B menggunakan pendekatan reseptif  ekspresif. Kegiatan pembelajaran tersebut diawali dengan kegiatan menyimak berita (keterampilan reseptif), kemudian mengomentarinya (keterampilan ekspresif). 
Opsi C salah. Kegiatan pembelajaran pada opsi C menggunakan pendekatan reseptif  ekspresif. menyimak pidato (keterampilan reseptif), mengomentarinya baik dari segi isi maupun penampilan orator (keterampilan ekspresif) 
Opsi D benar. Kegiatan pembelajaran pada opsi D menggunakan pendekatan ekspresif-reseptif. Kegiatan diawali dengan menulis sebuah puisi (keterampilan ekspresif), kemudian mendengarkan komentar orang lain (keterampilan reseptif) 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
Opsi A benar. Kegiatan 1 bersifat ekspresif, 2 dan 4 bersifat reseptif 
Opsi B salah. kegiatan 2 dan 4 bersifat reseptif (bukan ekspresif - reseptif) 
Opsi C salah. Kegiatan 2 bersifat reseptif, 3 dan 1 bersifat ekspresif, Jadi, kegiatan tersebut bersifat reseptif - ekspresif 
Opsi D salah. Kegiatan 4 bersifat reseptif, 3 dan 1 bersifat ekspresif, sehingga menjadi reseptif - ekspresif 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
Opsi A salah. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan pembelajaran bahasa secara didaktik 
Opsi B benar. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan pembelajaran bahasa secara preskriptif 
Opsi C salah. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan pembelajaran bahasa secara psikologis 
Opsi D salah. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan bahasa secara deskripstif 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
Opsi A salah. Kegiatan pembelajaran tersebut diawali dengan kegiatan membaca novel, sedangkan pembelajaran bahasa dengan strategi oral  literal diawali dengan kegiatan bahasa lisan. 
Opsi B salah. Kegiatan pembelajaran tersebut hanya berupa kegiatan menulis tidak terlihat adanya pembelajaran yang menekankan keterampilan berbahasa lisan. 
Opsi C benar. Kegiatan mendiskusikan unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah cerpen diawali dengan kegiatan berbahasa lisan dan lebih menekankan paad kegiatan berbahasa lisan. 
Opsi D salah. Kegiatan pembelajaran tersebut lebih menekankan pada kegiatan berbahasa tulis, sedangkan pembelajaran bahasa dengan strategi oral  literal lebih menekankan pada kegiatan berbahasa lisan dan kegiatan pembelajarannya juga diawali dengan kegiatan berbahasa lisan . 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
Opsi A benar karena merupakan opsi pengecualian. Strategi lisan - tulis tidak dimulai dengan kegiatan berbahasa tulis 
Opsi B salah . Pernyataan tersebut merupakan kegiatan inti pembelajaran bahasa dengan strategi lisan  tulis 
Opsi C salah. Pernyataan tersebut meruapakan kegiatan lanjutan dari opsi B pembelajaran bahasa dengan strategi lisan  tulis 
Opsi D salah. Pernyataan tersebut merupakan klimaks kegiatan pembelajaran bahasa dengan strategi lisan  tulis 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
Opsi A benar. Pembelajaran di awali dengan kegiatan berbicara (lisan) dan diakhiri dengan kegiatan menulis (tulis). 
Opsi B salah. Kegiatan pembelajaran tersebut menggunakan strategi lisan  tulis. Pembelajaran di awali dengan kegiatan bercerita (berbicara) dan diakhiri dengan kegiatan menulis (tulis). 
Opsi C salah. Keterampilan berbahasa yang dilakukan oleh Pak Andi hanya keterampilan ekspresif yaitu berbicara dan menulis. Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Andi menggunakan strategi lisan (bercerita) dan tulis (menulis cerita) 
Opsi D salah. Di dalam kegiatan pembelajaran tersebut tidak terdapat pembelajaran keterampilan reseptif. Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Andi menggunakan strategi lisan (bercerita) dan tulis (menulis cerita) 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
Opsi A salah. Pernyataan tersebut merupakan alasan mengapa Strategi tulis  lisan dalam pengajaran keterampilan berbahasa sangat penting digunakan. Untuk mengembangkan sebuah topik, kita dipaksa untuk berpikir, menggali pengetahuan dan pengalaman yang kadang tersimpan di alam bawah sadar. 
Opsi B salah. Pernyataan tersebut merupakan alasan mengapa Strategi tulis  lisan dalam pengajaran keterampilan berbahasa sangat penting digunakan. Dengan menulis, kita harus menjadi penemu sekaligus pemecah masalah, bukan sekedar penyadap informasi dari orang lain 
Opsi C salah. Pernyataan tersebut merupakan alasan mengapa Strategi tulis  lisan dalam pengajaran keterampilan berbahasa sangat penting digunakan. 
Opsi D benar. Pernyataanyang tersebut bukan alasan dilakukannya pengajaran keterampilan berbahasa dengan strategi apapun 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
Opsi A benar. Kegaduhan terjadi ketika siswa membacakan hasil tulisannya di depan teman-temannya. Siswa yang mendengar mungkin menganggap lucu hasil tulisan temannya atau banyak bertanya tentang isi tulisan temannya. 
Opsi B salah. Pengajaran berbahasa dengan strategi tulis  lisan bermula dengan bahasa tulis 
Opsi C salah. Kegiatan menulis di dalam kelas lebih dominan daripada kegiatan berbicara 
Opsi D salah. Di dalam strategi tulis  lisan, siswa hanya beraktivitas secara individual 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
Opsi A salah. Menulis puisi memang dapat merangsang siswa untuk menulis, tetapi jika menulis puisi dengan ditentukam temanya membuat siswa merasa terpaksa untuk menulisnya dan tidak memberikan kebebasan siswa untuk menulis puisi dengan tema yang disukainya. 
Opsi B benar. Kegiatan tersebut dapat menciptakan suasana yang dapat menggiring siswa untuk membuat tulisan karena tidak ada keterpaksaan untuk membuat suatu tulisan yang disukainya. 
Opsi C salah. Jika guru hanya menjelaska tentang jenis-jenis karangan tidak melatih siswa untuk belajar keterampilan berbahasa dan juga tidak membuat siswa tertarik untuk membuat sebuah tulisan. 
Opsi D salah. Kegiatan tersebut membuat siswa merasa terpaksa untuk menulis karangan karena belum tentu siswa menyukai topik yang ditentukan oleh guru. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
Opsi A salah. Menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik dari sebuah cerpen merupakan bahan pembelajaran apresiasi sastra. 
Opsi B salah. Menuliskan kembali isi cerita yang didengarnya merupakan bahan pembelajaran menulis 
Opsi C benar. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan sebuah wacana merupakan salah satu bahan pembelajaran membaca 
Opsi D salah. Menentukan kata bersinonim dalam sebuah kalimat merupakan salah satu bahan pembelajaran kosakata bukan membaca 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
Opsi A salah. Metode simak terka digunakan untuk menerka sesuatu berdasarkan deskripsi tentang sesuatu yang disampaikan secara lisan 
Opsi B salah. Metode simak  tulis digunakan untuk melatih siswa menyimak dan menulis. Siswa menuliskan kembali kata/ kalimat yang disimaknya 
Opsi C salah. Metode simak  kerjakan digunakan untuk melihat reaksi siswa atas apa yang diperintahkan guru secara lisan 
Opsi D benar. Metode simak  ulang ucapkan digunakan untuk memperkenalkan bunyi bahasa dan cara pengucapannya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
Opsi A salah. Kegiatan pembelajaran tersebut tidak meminta siswa untuk menerka sebuah benda berdasarkan deskripsi sesuatu yang dilisankan guru 
Opsi B salah. Metode simak  ulang ucap hanya sampai pada mengulang kembali sebuah ucapan tanpa harus melengkapi atau menambahkan kata/kalimat setelah kata yang diucapkan. 
Opsi C benar. Pada pembelajaran tersebut, selain mengucapkan kembali apa yang didengarnya, siswa juga harus melengkapi ucapan tersebut dengan kata/kalimat lain. 
Opsi D salah. Kegiatan pembelajaran tersebut tidak bukan meminta siswa untuk menyelesaikan sebuah cerita yang belum lengkap 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
Opsi A salah. Tes tulis hanya dapat digunakan untuk menguji keterampilan menyimak jika jumlah dan frekuensi terbatas 
Opsi B salah. Tes lisan hanya dapat digunakan untuk menguji keterampilan menyimak jika jumlah dan frekuensi terbatas 
Opsi C benar. Tes perbuatan dapat mengukur keterampilan menyimak dengan baik. Tidak terbatas dalam jumlah dan frekuensi 
Opsi D salah. Tes tulis dan tes lisan hanya dapat menguji keterampilan menyimak jika jumlah dan frekuensi terbatas 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
Opsi A benar. Pembelajaran yang bersifat perbaikan dapat dilakukan jika jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 keatas kurang dari 75%. Pada tabel tersebut terlihat bahwa siswa yang memperoleh nilai 75 keatas baik kelas A maupun kelas B kurang dari 75% 
Opsi B salah. Pembelajaran dengan pokok bahasa baru dapat dilakukan jika jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 keatas lebih dari 75%. Pada tabel tersebut terlihat bahwa siswa yang memperoleh nilai 75 keatas baik kelas A maupun kelas B kurang dari 75% 
Opsi C salah. Pembelajaran dengan pokok bahasa baru dapat dilakukan jika jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 keatas lebih dari 75%. Pada tabel tersebut terlihat bahwa siswa kelas A yang memperoleh nilai 75 keatas kurang dari 75% sehingga harus melakukan pembelajaran yang bersifat perbaikan 
Opsi D salah. Pembelajaran dengan pokok bahasa baru dapat dilakukan jika jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 keatas lebih dari 75%. Pada tabel tersebut terlihat bahwa siswa kelas B yang memperoleh nilai 75 keatas kurang dari 75% sehingga harus melakukan pembelajaran yang bersifat perbaikan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
Opsi A salah. Di dalam kegiatan pembelajaran tersebut terdapat bahan pembelajaran menulis, yaitu membuat pertanyaan-pertanyaan sebelum melakukan wawancara. 
Opsi B salah. Di dalam kegiatan pembelajaran tersebut terdapat bahan pembelajaran menulis, yaitu membuat naskah pidato sebelum melakukan pidato 
Opsi C benar. Di dalam pembelajaran tersebut tidak terdapat bahan pembelajaran menulis tetapi bahan pembelajaran membaca, yaitu membaca salah satu naskah drama karya Rendra 
Opsi D salah. Di dalam kegiatan pembelajaran tersebut terdapat bahan pembelajaran menulis, yaitu membuat naskah dialog 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
Opsi A salah. Pernyataan tersebut merupakan alasan guru harus menguasai metode berbicara. Dengan menggunakan metode yang sesuai dengan pembelajaran maka menyebabkan siswa senang belajar dan gurupun senang mengajar. 
Opsi B salah. Pernyataan tersebut merupakan alasan guru harus menguasai metode berbicara. Pengajaran yang menarik dan lebih bervariasi lebih menumbuhkan minat belajar siswa 
Opsi C benar. Alasan yang tepat adalah guru dapat memilih metode berbicara yang sesuai dengan materi yang akan diajarkannya bukan hanya yang dikuasai 
Opsi D salah. Pernyataan tersebut merupakan alasan guru harus menguasai metode berbicara. Dengan menggunakan metode yang tepat maka materi pembelajaran berbicara dapat disampaikan dengan baik. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
Opsi A salah. Metode parafrase adalah metode alih bentuk, misalnya memprosakan sebuah puisi atau sebaliknya mempuisikan sebuah prosa. 
Opsi B benar. Metode memerikan adalah metode yang meminta siswa untuk menjelaskan, melukiskan, mendeskripsikan sesuatu. 
Opsi C salah. Metode menjawab pertanyaan adalah metode yang digunakan untuk memancing siswa yang susah atau malu untuk berbicara. 
Opsi D salah. Metode reka cerita gambar adalah metode yang menggunakan gambar untuk memancing, mendorong, atau memotivasi seorang siswa berbicara. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
Opsi A salah. Pembelajaran berbicara yang dilakukan oleh Bu Rita tidak meminta siswa untuk melanjutkan sebuah cerita yang belum selesai, tetapi meminta siswa menceritakan kembali isi cerita 
Opsi B benar. Pembelajaran berbicara yang dilakukan oleh Bu Rita menggunakan metode menceritakan kembali. 
Opsi C salah. Pembelajaran berbicara yang dilakukan oleh Bu Rita tidak meminta siswa mempuisikan sebuah cerita pendek ataupun sebaliknya memprosakan sebuah puisi. 
Opsi D salah. Pembelajaran berbicara yang dilakukan oleh Bu Rita tidak meminta siswa untuk bercerita. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
Opsi A salah. Metode lihat  ucap digunakan jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mengucapkan sesuatu yang diperlihatkan oleh guru 
Opsi B salah. Metode memerikan digunakan jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu menceritakan kembali secara lisan sebuah cerita/berita yang didengar atau dibacanya. 
Opsi C salah. Metode percakapan digunakan jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu bertukar pikiran/pendapat dengan topik tertentu. 
Opsi D benar. Dilihat dari tujuan pembelajaran maka metode pembelajaran yang paling tepat adalah metode melaporkan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
Opsi A salah. Pembelajaran dianggap berhasil jika memenuhi standar keberhasilan yaitu 75% siswa (22 siswa dari 30 siswa) memperoleh nilai diatas 75. Siswa kelas A yang mencapai nilai di atas 75 hanya 20 siswa. 
Opsi B salah. Pembelajaran dianggap berhasil jika memenuhi standar keberhasilan yaitu 75% siswa (22 siswa dari 30 siswa) memperoleh nilai diatas 75. Siswa kelas B yang mencapai nilai di atas 75 hanya 15 siswa. 
Opsi C benar. Pembelajaran dianggap berhasil jika memenuhi standar keberhasilan yaitu 75% siswa (22 siswa dari 30 siswa) memperoleh nilai diatas 75. Siswa kelas C yang mencapai nilai di atas 75 berjumlah 24 siswa. 
Opsi D salah. Pembelajaran dianggap berhasil jika memenuhi standar keberhasilan yaitu 75% siswa (22 siswa dari 30 siswa) memperoleh nilai diatas 75. Siswa kelas D yang mencapai nilai di atas 75 hanya 20 siswa. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
Opsi A salah. Pernyataan tersebut merupakan konsep attention aggression 
Opsi B benar. Pernyataan tersebut merupakan konsep security 
Opsi C salah. Pernyatan tersebut merupakan konsep aggression 
Opsi D salah. Pernyataan tersebut merupakan konsep reflection-retention 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
Opsi A salah. Pernyataan tersebut merupakan langkah kedua dari teknik membaca SQ3R, yaitu question 
Opsi B salah. Pernyataan tersebut merupakan langkah pertama dari teknik membaca SQ3R, yaitu survey 
Opsi C benar. Pernyataan tersebut merupakan langkah keempat dari teknik membaca SQ3R, yaitu recite 
Opsi D benarPernyataan tersebut merupakan langkah kelima dari teknik membaca SQ3R, yaitu review 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
Opsi A benar. Dengan menggunakan teknik membaca SQ3R, siswa dapat membuat timbangan buku, yaitu menilai kelebihan dan kekurangan dari sebuah buku yang dibacanya 
Opsi B salah. Mengisi wacana rumpang merupakan contoh pembelajaran membaca dengan teknik isian rumpang 
Opsi C salah. Menyusun huruf atau kata menjadi sebuah kalimat merupakan contoh pembelajaran membaca dengan teknik scramble 
Opsi D salah. Membaca judul-judul buku dalam kartu-kartu catalog merupakan contoh pembelajaran membaca dengan teknik membaca memindai 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
Opsi A salah. Kegiatan membaca tersebut menggunkan teknik uji rumpang 
Opsi B salah. Kegiatan membaca tersebut menggunakan teknik skimming 
Opsi C salah. Kegiatan membaca tersebut menggunakan teknik memindai 
Opsi D benar. Kegiatan membaca tersebut menggunakan teknik scramble 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
Opsi A salah. Kalimat utuh yang disajikan dalam wacana rumpang terdapat pada satu atau dua kalimat pertama pada sebuah wacana 
Opsi B benar. Satu atau dua kalimat pada wacana rumpang harus hadir utuh sebagai pengenalan awal terhadap sebuah bacaan 
Opsi C salah. Bukan satu atau dua kalimat yang terdapat di tengah wacana tetapi yang terdapat di awal wacana 
Opsi D salah. Perhatikan rambu A, B, dan C 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
Opsi A salah. Dengan kegiatan menulis kita mengetahui sampai di mana pengetahuan kita terhadap suatu topik. 
Opsi B benar. Menulis merupakan kegiatan berkomunikasi tanpa tatap muka 
Opsi C salah. Dengan kegiatan menulis yang terencana kita akan terbiasa berpikir dan berbahasa secara tertib 
Opsi D salah. Dengan kegiatan menulis memaksa kita untuk selalu mencari informasi yang sesuai dengan topik yang sedang kita tulis. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
Opsi A salah. Metode community language learning menitik beratkan pada fisik dan psikis siswa dalam menumbuhkan semangat belajar dan metode sugestopedy lebih mengarah pada pemberian sugesti pada siswa. 
Opsi B salah. Metode the silnt way memang merupakan metode pembelajaran menulis yang meberi kebebasan kepada siswa tetapi metode sugestopedy lebih mengarah pada pemberian sugesti pada siswa. 
Opsi C benar. Metode the silnt way dan total physical response merupakan metode pembelajaran menulis yang memberikan kebebesan kepada siswa 
Opsi D salah. Metode total physical response pembelajaran menulis yang meberi kebebasan kepada siswa, tetapi metode community language learningmenitik beratkan pada fisik dan psikis siswa dalam menumbuhkan semangat belajar 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
Opsi A salah. Hal yang dipentingkan dalam teknik menulis narasi adalah adanya pelaku, peristiwa, urutan waktu, motif, konflik, dan sudut pandang. 
Opsi B salah. Hal yang dipentingkan dalam teknik menulis eksposisi adalah definisi dan uraian. 
Opsi C salah. Hal yang dipentingkan dalam teknik menulis argumentasi adalah bukti-bukti dan alasan yang disampaikan baik secara deduktif maupun induktif 
Opsi D benar. Unsur ajakan penguatan dalam tulisan persuasi membuat pembacanya terpengaruh terhadap hal yang disampaikan dalam tulisan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
Opsi A salah. Teknik membuat tulisan dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembelajaran menulis dan bukan sebagai media pembelajaran menulis. Yang dapat dijadikan media pembelajaran menulis, misalnya gambar atau benda-benda di sekeliling siswa. 
Opsi B benar. Teknik menulis seringkali dijadikan sebagai bahan pembelajaran menulis sehingga terjadilah teknik pembelajaran menulis 
Opsi C salah. Teknik pembelajaran menulis lebih menekankan pada cara membuat tulisan sehingga dapat dijadikan sebagai teknik pembelajaran menulis (narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi, argumentasi), dan bukan sebagai alat pembelajaran. 
Opsi D salah. Teknik pembelajaran menulis lebih menekankan pada cara membuat tulisan sehingga dapat dijadikan sebagai bahan dan teknik pembelajaran menulis (narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi, argumentasi). 


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »