Soal Latihan Mandiri Taksonomi Tumbuhan Rendah BIOL4225

Soal Latihan Mandiri Taksonomi Tumbuhan Rendah BIOL4225

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Taksonomi Tumbuhan Rendah BIOL4225 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Taksonomi Tumbuhan Rendah BIOL4225, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Perkembangan makhluk hidup dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi yang menggambarkan sejarah keturunan atau silsilah dari makhluk hidup yang sekarang ada, dinamakan....

A. Ontogeni
B. evolusi
C. biogenetik
D. Filogeni

2. Berkaitan dengan adaptasi fungsi pada tumbuhan, terjadi ragam-ragam baru yang berubah bentuk dari bentuk aslinya. Fenomena ini dikenal sebagai..

A. Metamorfosis
B. Modifikasi
C. Spesiasi
D. Mutasi

3. Pernyataan yang benar untuk klasifikasi tumbuhan adalah bahwa,...

A. Klasifikasi tumbuhan dari waktu ke waktu selalu tetap
B. Klasifkasi tumbuhan tidak mengikuti perkembangan IPTEK
C. Klasifikasi tumbuhan mengalami perubahan sesuai dengan persepsi dan tingkat ilmu pembuat klasifikasi
D. Sistem Klasifikasi tumbuhan hanya ada satu

4. Ilmu yang mempelajari tentang identifikasi,tatanama, dab klasifikasi suatu objek dinamakan.....

A. Sistemik
B. Taksonomi
C. Klasifikasi
D. Taksonomi eksperimental

5. Taksonomi tumbuhan sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia, sebab....

A. tumbuhan sebagai kebutuhan sampingan manusia
B. penggolongan dan penamaan tumbuhan sangat berkaitan erat dalam kehidupan manusia
C. taksonomi tumbuhan sebagai satu-satunya ilmu untuk mempelajari tumbuhan
D. taksonomi tumbuhan merupakan ilmu yang mempelajari hubungan kekerabatan

6. Kesimpulan dan perwujudan dari perincian takson disajikan dalam bentuk....

A. deskripsi
B. kunci identifikasi
C. gambar diagnostik
D. koding data

7. Menentukan nama tumbuhan dengan benar dan tempatnya yang tepat dalam sitem klasifikasi merupakan kegiatan...

A. pencirian
B. klasfikasi
C. identifikasi
D. penamaan

8. Linnaeus dikenal sebagai pencipta sistem tatanama ganda, sebab linnaeus adalah...

A. Orang pertama kali yang menerapkan sistem nama ganda tumbuhan
B. orang pertama kali yang konsisten menerapkan sistem nama ganda dalam buku pecies Plantarum
C. yang menciptakan kode internasional tatanama tumbuhan
D. ahli taksonomi yang konsisten menggunakan nama latin

9. Dalam kode tatanama tumbuhan yang merupakan dari sistem tatanama adalah pda bagian...

A. mukadimah
B. asas-asas
C. peraturan-peraturan
D. saran-saran

10. sifat dan ciri yang digunakan sebagai dasar dalam klasifikasi tumbuhan adalah....

A. sama untuk semua takson
B. sama dari masa ke masa
C. bersifat baku
D. berbeda-beda tergantung tujuan dan orang yang mengklasifikasi

11. klasifikasi tumbuhan berdasarkan habitus, tumbuhan semak meliputi kelompok tumbuhan...

A. yang lebih kecil,pendek, dan berkayu
B. berumur panjang, tinggi dan berkayu
C. kecil-kecil, tidak berkayu
D. berumur pendek

12. Fitopalnkton merupakan komponen organisme yang penting dalam ekosistem perairan sebab fitoplankton merupakan

A. konsumen primer
B. tanaman sekunder
C. produsen primer
D. produsen sekunder

13. Senyawa berikut adalah zat pengatur tumbuh sintetik dari kelompok sitokinin..…

A. BA dan Kinetin
B. IBA dan NAA
C. Zeatin dan ZiP
D. 2,4-D dan Dormin

14. Embrio merupakan hasil dari proses..…

A. pembesaran kantung embrio
B. pembuahan
C. penyerbukan
D. pembesaran ovari

15. Bentuk dan ukuran buah berbiji banyak sangat ditentukan oleh…..

A. Pengguguran biji
B. Jumlah biji yang berhasil terbentuk dan tumbuh mencapai kematangan
C. Jenis biji
D. Ketebalan lapisan kutikula pada kulit

16. Iklim merupakan rangkuman dari statistik komponen-komponen iklim yang terjadi atas ..…

A. cuaca, kelembaban, dan curah hujan
B. suhu, kelembaban, tekanan atmosfir, curah hujan, angin, dan partikel atmosfir
C. suhu, sinar matahari, dan curah hujan
D. suhu, kelembaban, angin, dan curah hujan

17. Jika udara mengalir dan mengalami kontak dengan permukaan yang lebih dingin, maka udara mengalami mekanisme pendinginan…..

A. Konduktif
B. Adiabatik
C. Radiasional
D. Evaporatif

18. Dalam budidaya tanaman, tanah adalah bagian muka bumi yang terbentuk dari bantuan induk karena…..

A. terpecah-pecah secara fisik dan kimia
B. Faktor alam
C. Terpecah-pecah secara fisik dan mekanik
D. Terpecah-pecah secara kimia

19. Proporsi air segar (fresh water) yang digunakan untuk pertanian diperkirakan sebesar…..

A. 0 – 0,001%
B. 1,7%
C. 0,3%
D. 70%

20. Kebutuhan air bagi tanaman dihitung berdasarkan…..

A. Jumlah air yang diperlukan per satuan bobot kering bahan pangan yang dihasilkan
B. Jumlah air yang diperlukan per jumlah gula yang dihasilkan tanaman
C. Jumlah air yang diperlukan per satuan bobot basah tanaman
D. Jumlah air yang diperlukan per satuan bobot kering tanaman

21. Pernyataan berikut yang benar berhubungan dengan unsur Fosfor (P) adalah …..

A. Unsur hara makro yang merupakan komponen penting dari molekul klorofil
B. Unsur hara utama yang bersifat mobil dalam sel dan jaringan tanaman dan banyak terdapat dalam sitoplasma
C. Elemen hara yang yang digunakan tanaman dalam bentuk ion nitrat dan ion amonium
D. Hara makro yang bersifat stabil yang merupakan komponen penting dalam penyusunan DNA dan RNA

22. Bahan organik adalah materi yang berasal dari..…

A. pembusukan makhluk hidup
B. semua bahan yang dihasilkan makhluk hidup
C. campuran berbagai macam bahan yang berasal dari makhluk hidup dan telah mengalami dekomposisi
D. semua materi yang dihasilkan oleh aktivitas makhluk hidup

23. Mikroorganisme yang dapat dijadikan pupuk hayati, seperti Nostoc, Anabaena, Azotobacter, dan Clostridium adalah dari kelompok…..

A. Mikroorganisme penambat Nitrogen yang hidup bebas
B. Mikroorganisme penambat Nitrogen yang simbiotik asosiatif
C. Mikroorganisme bakteri pelarut fosfor
D. Mikroorganisme cendawan pelarut fosfor

24. Kelompok Ectomycorrhizal Fungi (EcM) merupakan kelompok  mikoriza yang…..

A. Aktifitasnya di luar jaringan, hifa membungkus ujung akar dan menutupi sel-sel dalam korteks akar
B. Hifa menembus masuk ke dalam sel
C. Hifa masuk ke dalam akar dan beraktivitas di dalam jaringan akar tanaman
D. Hifa menempel di sel-sel lapisan terluar dari akar

25. Urutan subfamili pada Leguminosae mulai yang paling sedikit spesiesnya mampu membentuk bintil akar adalah…..

A. Caesalpinoideae, Mimosoideae, Papilionoideae
B. Papilionoideae, Mimosoideae, Caesalpinoideae
C. Papilionoideae, Mimosoideae,Ulmaceae
D. Caesalpinoideae, Mimosoideae, Parasponia

26. Kultur starter dan fermentor digunakan dalam produksi pupuk hayati pada tahap …..

A. Proses pembuatan bahan pembawa
B. Penyiapan paket inokulan
C. Persiapan inokulum
D. Kultur mikroorganisme

27. Lapisan padatan bumi yang paling atas di dasar laut maupun di daratan disebut….

A. Pedosfir
B. Litosfir
C. Atmosfir
D. Regolit

28. Pada lahan pertanaman, biopori terutama dihasilkan oleh aktivitas…..

A. Pemberian pupuk nitrogen
B. Perakaran dari tanaman pada pertanaman sebelumnya
C. Pengolahan tanah secara fisik
D. Infiltrasi air

29. Yang termasuk contoh hama potensial adalah….

A. Sylepta derrogata pada tanaman kapas
B. Bathycoelia thalassima pada buah kakao muda
C. Clavigralla tomentosicollis pada tanaman kacang tunggak
D. Locusta migratoroides pada tanaman mangga

30. Berikut ini adalah yang dapat menyebabkan infeksi penyakit tanaman sangat parah kecuali…..

A. Tanaman inang sangat rentan
B. Penyerangan lebih dari satu jenis patogen
C. Patogen sangat virulen
D. Kondisi lingkungan sangat mendukung

31. Perkembangbiakan tanaman sebenarnya merupakan cara alami tanaman untuk..…

A. memperbanyak biji
B. memperbanyak populasi
C. melipatgandakan sel
D. mempertahankan jenis (spesies)

32. Hal berikut adalah berhubungan dengan penyerbukan sendiri kecuali ..…

A. Penyerbukan silang kurang dari 4-5 persen
B. Penyerbukan umumnya terjadi pada tanaman dengan bunga sempurna
C. Sifatnya yang heterosigus, sehingga sifat genetiknya hanya dapat dipertahankan dengan pembiakan vegetatif
D. Penyerbukan terjadi di dalam bunga yang sama antar bunga pada tanaman dalam satu klon atau genotipe

33. Tanaman berikut lebih efisien dibiakkan dengan benih dibandingkan dengan dibiakkan secara vegetatif…..

A. Tebu
B. Pepaya
C. Kelapa sawit
D. Kelapa

34. Seorang petani akan menanam jagung pada lahan seluas 2 hektar dengan populasi 500.000 tanaman per hektar.  Petani tersebut mempunyai benih jagung bersertifikat dengan daya kecambah 80% dan bobot 1.000 butir benih adalah 100 g. Benih jagung yang harus disiapkan adalah….

A. 12,5 kg
B. 75 kg
C. 125 kg
D. 250 kg

35. Pernyataan berikut bukan merupakan alasan dilakukannya pembiakan vegetatif adalah...

A. penyeragaman populasi suatu pertanaman
B. memperlambat pembungaan tanaman
C. pemantapan genotipe unggul
D. mengendalikan fase-fase perkembangan

36. Strategi penyuluhan menurut Mardikanto (1993) menggunakan teori Diffusi, yaitu untuk sasaran awal penyuluhan menggunakan petani….

A. perintis
B. pelopor
C. penerap awal
D. penolak

37. Pengertian evaluasi menurut Hornby dan Parnwell dalam Mardikanto (1993) adalah ….

A. proses untuk menentukan nilai, keberhasilan dalam meraih tujuan yang direncanakan
B. tindakan pengambilan keputusan untuk menilai objek, keadaan, peristiwa tertentu yang sedang diamati
C. kegiatan yang dilakukan sehari-hari
D. manajemen yang berorientasi pada tindakan dan proses

38. Tipe evaluasi penyuluhan yang bergerak ke arah ilmiah memerlukan….

A. kecenderungan data yang bersifat subjektif
B. biaya relatif murah
C. mudah dilakukan
D. hasil yang diperoleh dapat lebih dipercaya

39. Pengertian evaluasi sumatif adalah kegiatan evaluasi yang dilakukan ….

A. setelah program selesai dilaksanakan
B. terhadap kegiatan yang telah dirumuskan, sebelum kegiatan dilaksanakan
C. pada saat kegiatan sedang berlangsung
D. oleh pihak luar

40. Evaluasi hasil adalah....

A. dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh proses kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai dengan proses kegiatan yang seharusnya dilaksanakan seperti yang telah dirumuskan dalam program
B. dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tujuan yang direncanakan telah dicapai
C. evaluasi yang sasaran dan ukurannya menggunakan ukuran-ukuran teknis
D. dilaksanakan terhadap program yang telah dirumuskan, sebelum program tersebut dilaksanakan

41. Pernyataan berikut merupakan tahap perencanaan evaluasi pertanian, kecuali….....

A. pemilihan masalah
B. perumusan masalah
C. penentuan jenis informasi yang diperlukan
D. pelaksanaan penggunaan informasi

42. Kegiatan penyuluhan pertanian yang bertujuan untuk mengambil tindakan dengan cepat sebagai upaya untuk mengembalikan pada rencana semula adalah ….

A. pengumpulan data keadaan
B. analisis data keadaan
C. identifikasi data keadaan
D. pemantauan atau monitoring

43. Laporan yang berisi latar belakang lengkap seorang penyuluh dan supervisor sangat diperlukan, karena dalam suatu laporan penyuluhan memuat nilai nyata….

A. perencanaan supervisi program
B. penaksiran supervisor atas penyuluh
C. latar belakang tenaga baru dan supervisor
D. bimbingan direktur atas program dan organisasi

44. Ciri dari Laporan jangka pendek (short term reports) adalah….

A. dirancang setiap enam bulan
B. dibentuk oleh staf lapangan dan kelompok-kelompok kerjasama
C. berisi informasi kemajuan dan kenyataan pada perubahan yang diinginkan yang telah dihasilkan dari kegiatan organisasi penyuluhan
D. laporan utamanya berisi catatan yang telah terjadi

45. Tipe catatan organisasi mempunyai karakteristik….

A. data yang diperoleh mencakup nama organisasi, cabang, tanggal berdiri, nama dan alamat petugas, anggota, tanggal dan tempat pertemuan, lama pertemuan, bagian khusus, nama petugas sub bagian
B. beberapa informasi yang tercakup dalam catatan kerja proyek, misalnya nama, anggota panitia, aktivitas kepanitiaan, aktivitas pemimpin lokal, aktivitas dan metode pengajaran yang diterapkan agen
C. catatan lengkap pekerjaan yang dilakukan dari awal sampai akhir kegiatan
D. catatan lengkap yang berkaitan dengan bagian program lain atau perwakilan berkenaan dengan pembangunan pedesaan



Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Taksonomi Tumbuhan Rendah BIOL4225


Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »